Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI pokok bahasan Termokimia / Rizky Fadina Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI pokok bahasan Termokimia / Rizky Fadina Amalia

Amalia, Rizky Fadina (2017) Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI pokok bahasan Termokimia / Rizky Fadina Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Rizky Fadina. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Termokimia. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) Dr. Sumari M.Si. Kata Kunci multimedia interaktif termokimia inkuiri terbimbing model 4-D Termokimia merupakan bagian dari ilmu kimia yang mempelajari tentang perubahan energi yang menyertai reaksi kimia. Kebanyakan siswa kesulitan dan tidak memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan materi termokimia akibat kesalahan konsep atau miskonsepsi. Pembelajaran termokimia seharusnya dapat menghubungkan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menemukan dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi di kelas dan di lingkungan sekitar. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode inkuiri terbimbing. Oleh karena itu pada proses pembelajaran guru harus mampu memfasilitasi siswa dengan memberikan sumber belajar agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih efektif. Dalam mempelajari materi termokimia siswa dituntut untuk memiliki tiga pemahaman representatif meliputi makroskopik sub-miskroskopik dan simbolik. Karena topik termokimia yang kompleks dan sulit untuk divisualisasikan ini maka untuk mengajarkan termokimia dipertimbangkan menggunakan multimedia berbasis teknologi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI pokok bahasan termokimia. Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan termokimia menggunakan Four-D Model (4D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahap tahap yang dilakukan dalam model 4-D ini yaitu tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tetapi pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Penilaian terhadap produk pengembangan dilakukan melalui validasi dan uji coba kelompok kecil. Validasi media ini dilakukan oleh 1 orang dosen kimia yang merupakan ahli media dan ahli materi serta 1 orang guru mata pelajaran kimia sebagai ahli lapangan atau ahli dalam pembelajaran di kelas. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 15 orang siswa SMA kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Bangil. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan termokimia. Hasil validasi yang diperoleh meliputi validasi dari ahli media sebesar 98 00 % dan validasi dari ahli materi sebesar 93 93 %. Hasil validasi oleh ahli lapangan diperoleh skor penilaian rata-rata sebesar 91 46 %. Uji kelayakan penggunaan multimedia interaktif pada kelompok kecil diperoleh skor sebesar 78 00 % yang memenuhi kriteria layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60162

Actions (login required)

View Item View Item