Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multi representasi dengan orientasi tujuan berbeda terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Rizki Nur Analita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multi representasi dengan orientasi tujuan berbeda terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Rizki Nur Analita

Analita, Rizki Nur (2016) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multi representasi dengan orientasi tujuan berbeda terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Rizki Nur Analita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Analita RizkiNur. 2015. PengaruhModel PembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuan Multi RepresentasidenganOrientasiTujuanBerbedaterhadapHasilBelajarKognitif Tingkat TinggiSiswapadaMateriKelarutandanHasil Kali Kelarutan. Tesis Program StudiPendidikan Kimia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) I WayanDasna M.Si. M.Ed. Ph.D (II) Dr. AmanSantoso M.Si. Kata-kata Kunci inkuiriterbimbing multi representasi orientasitujuan hasilbelajarkognitiftingkattinggi kelarutandanhasil kali kelarutan. Kelarutandanhasil kali kelarutanmerupakanbagiandarimatapelajarankimia yangsebagianbesarmaterinyabersifatabstrak sehinggasiswacenderungmengalamimiskonsepsi.Beberapaalasan yang menyebabkanterjadinyamiskonsepsiantara lainkarenakurangsesuainyamodel pembelajaran yang diterapkandanpembelajaranlebihmengutamakanpemahamanalgoritmikdaripadakonseptual. Salah satumodel pembelajaran yang diperlukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahinkuiriterbimbing.Inkuiriterbimbingmerupakan model pembelajaranyang dapatmengkonstrukpengetahuansertameningkatkanpemahamankonseptualdanalgoritmiksiswa.Dalamilmukimia pemahamankonseptualdanalgoritmikterdiridarirepresentasitingkatmakroskopik mikroskopik dansimbolik(multi representasi).Penerapanpembelajaran multi representasibertujuanuntukmembantukonstruksikonsepdanmeningkatkankemampuankognitifsiswa terutamadalambentukhasilbelajarkognitiftingkattinggi.Faktorlain yang mempengaruhihasilbelajarkognitiftingkattinggisiswaadalahorientasitujuan. Orientasitujuanterdiridaritujuanbelajardantujuanpenampilan.Siswadenganorientasitujuanbelajartinggidiprediksimemperolehhasilbelajarkognitiftingkattinggi yang lebihbaikdaripadasiswadenganorientasitujuanpenampilantinggi.Penelitian yang dilakukanbertujuanuntukmenentukanpengaruhmodel pembelajarandanpengaruhorientasitujuanyang berbedaterhadaphasilbelajar terutamahasilbelajarkognitiftingkattinggisiswa. Penelitianmenggunakanrancanganeksperimentalsemupretest-postest control groupdenganrancanganfaktorial 2 x 2.Populasipenelitianadalahsiswakelas XI MIA SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung tahunajaran 2014/ 2015.Sampelpenelitianterdiridariduakelas yaitukelas XI MIA-7 (n 37) yang dibelajarkandenganmodel pembelajaraninkuiriterbimbingdankelas XI MIA-8 (n 38) yang dibelajarkandenganmodel pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmulti representasi.Pemilihansampelmenggunakanteknikcluster random sampling.Data penelitiandiperolehmelaluiteshasilbelajarkognitifdankuesionerorientasitujuan.Instrumentesterdiridari 20 soalpilihangandadan 3 soalesaiyang telahteruji valid (Sig. 8804 0 05) danreliabel (r 0 72).Instrumenkuesionerterdiridari 15 pertanyaantujuanbelajardan 15 pertanyaantujuanpenampilanyang telahteruji valid (94 45 %). Data penelitiandianalisismenggunakanujistatistiktwo wayANOVA. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) terdapatperbedaanhasilbelajarkognitiftingkattinggiantarasiswa yang dibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmulti representasidansiswa yang dibelajarkandenganmodel pembelajaraninkuiriterbimbing (p 0 00 Sig. 8804 0 05) model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmulti representasi(gE 0 59) memberikanhasilbelajarkognitifyang lebihbaikdaripada model pembelajaraninkuiriterbimbing (gK 0 41) (2) terdapatperbedaanhasilbelajarkognitiftingkattinggiantarasiswa yang memilikiorientasitujuanbelajardansiswa yang memilikiorientasitujuanpenampilan (p 0 00 Sig. 8804 0 05) tujuanbelajarmemberikanhasilbelajarkognitiftingkattinggiyang lebihbaikdaripadatujuanpenampilan dan (3)tidakadainteraksiantaramodel pembelajarandanorientasitujuanterhadaphasilbelajarkognitiftingkattinggisiswa (p 0 37 Sig. 0 05). 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60125

Actions (login required)

View Item View Item