Pengaruh pendekatan perubahan konseptual dengan menggunakan strategi POE berbantuan anologi terhadap pemahaman konsep siswa SMA pada materi laju reaksi / Itok Dwi Budiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan perubahan konseptual dengan menggunakan strategi POE berbantuan anologi terhadap pemahaman konsep siswa SMA pada materi laju reaksi / Itok Dwi Budiarto

Budiarto, Itok Dwi (2015) Pengaruh pendekatan perubahan konseptual dengan menggunakan strategi POE berbantuan anologi terhadap pemahaman konsep siswa SMA pada materi laju reaksi / Itok Dwi Budiarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budiarto Itok Dwi. Pengaruh Pendekatan Perubahan Konseptual dengan Menggunakan Strategi POE Berbantuan Analogi terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci perubahan konseptual strategi POE analogi pemahaman konsep laju reaksi Menurut teori konstruktivistik belajar dipandang sebagai kegiatan membangun pengetahuan siswa atas dasar stuktur kognitif atau pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Pengetahuan ini akan berpengaruh terhadap belajar selanjutnya. Jika pengetahuan awal siswa tidak memadai maka hal ini akan berpotensi untuk menimbulkan kesalahan konsep. Kesalahan konsep sangat resisten untuk diubah dan akan mengakibatkan siswa kesulitan untuk memahami konsep kimia dengan benar serta menghambat pembelajaran materi berikutnya. Hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan kesalahan konsep dalam pembelajaran kimia termasuk pada materi laju reaksi. Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat agar kesalahan konsep tersebut dapat dicegah atau dikurangi sejak awal pembelajaran. Pembelajaran dengan pendekatan perubahan konseptual menggunakan strategi POE berbantuan analogi (PK-POE-A) diduga memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) menguji ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan pendekatan PK-POE-A dan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional pada materi laju reaksi (2) menguji keefektifan pendekatan PK-POE-A dalam meningkatkan retensi pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dengan desain kelompok kontrol non ekivalen pretes-postes. Subjek penelitian adalah 69 siswa kelas XI MIA SMAN 2 Kediri tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak kelompok satu kelas sebagai kelas kontrol (34 siswa) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen (35 siswa). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep laju reaksi (TPKLR) yang berjumlah 20 item soal (16 item soal two tier dan 4 item soal pilihan ganda). TPKLR digunakan sebagai pretes postes dan delayed-test selang empat minggu setelah perlakuan. Perhitungan koefisien reliabilitas (metode KR-21) instrumen tes diperoleh sebesar 0 89. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan melalui uji ANCOVA dibantu program SPSS 20.0 for windows dengan taraf signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan pendekatan PK-POE-A dan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional pada materi laju reaksi (2) pendekatan PK-POE-A efektif dalam meningkatkan retensi pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60067

Actions (login required)

View Item View Item