Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan edmoro terhadap pemahaman konsep termokimia dan motivasi siswa SMK / Dwi Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan edmoro terhadap pemahaman konsep termokimia dan motivasi siswa SMK / Dwi Ernawati

Ernawati, Dwi (2015) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan edmoro terhadap pemahaman konsep termokimia dan motivasi siswa SMK / Dwi Ernawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ernawati Dwi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Termokimia dan Motivasi Siswa SMK. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Surjani Wonorahardjo Ph.D. (II) Dra Sri Rahayu M.Ed Ph.D Kata kunci inkuiri terbimbing edmodo motivasi belajar pemahaman konsep termokimia Termokimia merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam pembelajaran termokimia masalah yang timbul adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya keterbatasan alokasi waktu pembelajaran cenderung tidak dihubungkan dengan permasalahan siswa kurangnya perolehan konsep melalui kegiatan praktikum dan pembelajaran yang masih dipusatkan oleh guru atau ketidakmampuan guru menghadirkan metode pembelajaran yang tepat. Permasalahan ini diharapkan dapat diatasi dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan edmodo. Penggunaan media edmodo dalam pembelajaran dilakukan untuk analisis data eksperimen memberikan animasi dan pertanyaan penuntun dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan edmodo dan penerapan inkuiri terbimbing tanpa bantuan edmodo terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan termokimia. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknologi dan Rekayasa SMKN 2 Trenggalek pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI TGB (Teknik Gambar bangunan) B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TGB (Teknik Gambar bangunan) A sebagai kelas kontrol. Data penelitian adalah skor motivasi belajar dan skor pemahaman konsep. Motivasi belajar diukur dengan instrumen soal angket motivasi belajar yang terdiri dari 35 item. Pemahaman konsep diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal. Data skor pemahaman konsep dan motivasi di analisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep termokimia antara siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing berbantuan edmodo dengan siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing tanpa bantuan edmodo (2) terdapat perbedaan motivasi belajar a antara siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing berbantuan edmodo dengan siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing tanpa bantuan edmodo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60066

Actions (login required)

View Item View Item