Pengembangan bahan ajar kimia materi koloid untuk SMA kelas XI IPA semester II berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing / Zulkarnain Gazali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia materi koloid untuk SMA kelas XI IPA semester II berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing / Zulkarnain Gazali

Gazali, Zulkarnain (2015) Pengembangan bahan ajar kimia materi koloid untuk SMA kelas XI IPA semester II berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing / Zulkarnain Gazali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gazali Zulkarnain. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Koloid untuk SMA Kelas XI IPA Semester II Berdasarkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata-kata kunci pengembangan bahan ajar koloid model 4D Thiagarajan Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar kimia koloid berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing (2) mengetahui kelayakan bahan ajar kimia koloid yang telah dikembangkan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar kimia koloid yang telah dikembangkan. Bahan ajar ini dikembangkan menggunakan acuan model 4D Thiagarajan dengan beberapa tahapan yang meliputi define design develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap pengembangan yaitu define design dan develop. Penilaian terhadap kelayakan isi kebahasaan dan penyajian bahan ajar hasil pengembangan dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 2 guru kimia SMA. Uji coba keterbacaan bahan ajar dilakukan pada kelompok kecil terhadap 10 siswa kelas XI IPA 1 sedangkan uji coba keefektifan bahan ajar dilakukan pada kelompok besar terhadap 30 siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Poto Tano. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari validator ahli. Data kuantitatif berupa nilai angket yang menggunakan skala Likert dan hasil belajar siswa. Hasil uji validasi ahli menunjukkan rata-rata data kelayakan isi sebesar 86 9% kelayakan kebahasaan 86 5% dan kelayakan penyajian 83 7%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata 83 7 yang lebih besar dari KKM (74). Selain itu aspek kognitif dan psikomotorik siswa berturut-turut sebesar 85 8 dan 96 5. Hasil keseluruhan tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar kimia koloid ini layak dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60058

Actions (login required)

View Item View Item