Keefektifan gambar statis, gambar dinamis ball-and-stick, dan model molekul sederhana dibuat dari jarum pentul pada pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul / Muhammad Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan gambar statis, gambar dinamis ball-and-stick, dan model molekul sederhana dibuat dari jarum pentul pada pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul / Muhammad Ardiansyah

Ardiansyah, Muhammad (2013) Keefektifan gambar statis, gambar dinamis ball-and-stick, dan model molekul sederhana dibuat dari jarum pentul pada pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul / Muhammad Ardiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci gambar statis gambar dinamis model molekul jarum pentul bentuk molekul kepolaran molekul. Materi bentuk dan kepolaran molekul merupakan materi prasyarat untuk mempelajari materi lain seperti gaya antar molekul asam-basa dan sifat koligatif larutan. Beberapa penelitian melaporkan bahwa materi bentuk dan kepolaran molekul adalah sulit dipelajari oleh siswa. Hasil penemuan beberapa peneliti menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa disebabkan karena mereka menganggap bahwa bentuk molekul ditentukan oleh gaya tolak antar molekul bentuk molekul adalah sama dengan struktur Lewis dan pasangan elektron bebas pada atom pusat tidak mempengaruhi sudut ikatan. Penggunaan gambar statis gambar dinamis ball-and-stick dan model molekul sederhana dari jarum pentul diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi bentuk dan kepolaran molekul yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan gambar statis gambar dinamis ball-and-stick dan model molekul sederhana dari jarum pentul ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul. Penelitian ini menggunakan rancangan post-test only comparative group design. Subyek penelitian adalah 99 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pandaan yang terbagi dalam tiga kelas. Kelas pertama terdiri dari 33 siswa yang belajar dengan menggunakan gambar statis. Kelas kedua terdiri dari 33 siswa yang belajar dengan menggunakan gambar dinamis ball-and-stick. kelas ketiga terdiri dari 33 siswa yang belajar dengan menggunakan model molekul sederhana dari jarum pentul. Data penelitian adalah skor hasil belajar kognitif siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 35 item dengan validitas isi tes sebesar 87 6% dan koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus KR-21 sebesar 0 90. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul dengan menggunakan model molekul sederhana dari jarum pentul lebih tinggi daripada menggunakan gambar dinamis ball-and-stick. Skor hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul dengan menggunakan gambar dinamis ball-and-stick lebih tinggi daripada menggunakan gambar statis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model molekul sederhana dari jarum pentul adalah model yang paling efektif pada pembelajaran bentuk dan kepolaran molekul.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60039

Actions (login required)

View Item View Item