Pengaruh penggunaan facebook pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas X SMAN 1 Batu / Shinta Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan facebook pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas X SMAN 1 Batu / Shinta Amalia

Amalia, Shinta (2011) Pengaruh penggunaan facebook pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas X SMAN 1 Batu / Shinta Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. H. Subandi M.Si. Kata Kunci facebook model problem posing hasil belajar stoikiometri. Stoikiometri merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit oleh siswa kelas X. Pokok bahasan ini memuat banyak konsep abstrak dan melibatkan perhitungan matematis. Problem posing merupakan salah satu model pembelajaran yang diduga dapat mengatasi kesulitan siswa dan memberikan hasil belajar optimal pada materi stoikiometri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pem-belajaran problem posing disertai diskusi melalui facebook dan tanpa facebook (2) kualitas soal yang dirumuskan siswa antara yang menggunakan model pembelajaran problem posing disertai diskusi melalui facebook dan tanpa facebook (3) perbedaan keaktifan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing disertai diskusi melalui facebook dan tanpa facebook. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Popu-lasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Batu terdiri dari 9 kelas yang homogen. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak. Kedua kelas menggunakan model problem posing dalam pembelajaran stoikiometri. Perbe-daannya adalah proses pembelajaran di luar kelas satu kelas berdiskusi menggu-nakan facebook dan kelas lain berdiskusi tanpa menggunakan facebook. Hasil bel-ajar diperoleh melalui tes kognitif. Soal tes terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Soal pilihan ganda mempunyai nilai reliabilitas 0 44 yang diukur dengan Cronbach s Alpha sedangkan soal uraian mempunyai nilai reliabilitas 0 55. Kualitas soal yang dirumuskan siswa dinilai berdasarkan pada tingkatan kognitif yang diperlukan untuk menyelesaikan soal. Makin tinggi tingkatan kognitif yang diperlukan untuk menyelesaikan soal kualitas soal makin baik. Perbedaan keaktifan siswa dalam pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil kognitif siswa dalam pembelajaran problem posing disertai diskusi melalui facebook lebih baik dibandingkan hasil kognitif siswa dalam pembelajaran problem posing disertai diskusi tanpa facebook (2) tidak ada perbedaan kualitas soal yang dirumuskan siswa pada kedua kelas (3) siswa pada pembelajaran problem posing yang disertai diskusi menggunakan facebook lebih aktif dibanding siswa pada pembelajaran problem posing yang disertai diskusi tanpa menggunakan facebook.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60011

Actions (login required)

View Item View Item