Erlina (2011) Analisis pemahaman konseptual dan algoritmik hukum dasar kimia serta hubungannya dengan kemampuan berpikir formal mahasiwa Prodi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura / Erlina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subandi M.Si (II) Prof. Effendy M.Pd Ph.D Kata Kunci kemampuan berpikir formal pemahaman konseptual pemahaman algoritmik hukum dasar kimia Kimia adalah materi pelajaran yang terdiri dari fakta-fakta konsep prinsip teori dan perhitungan matematika. Kemampuan berpikir formal pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik dibutuhkan dalam mempelajari kimia. Oleh karena itu terdapat korelasi antara kemampuan berpikir formal pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik mahasiswa. Korelasi antara kemampuan berpikir formal mahasiswa dan hasil belajarnya untuk beberapa topik kimia telah dilaporkan. Akan tetapi korelasi antara kemampuan berpikir formal dengan pemahaman konseptual dan algoritmik mahasiswa belum pernah dilaporkan. Hasil-hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemahaman konseptual tertinggal dibanding pemahaman algoritmiknya. Hukum-hukum dasar kimia merupakan salah satu topik yang diberikan pada mahasiswa S1 program studi pendidikan kimia. Topik ini menyangkut banyak permasalahan yang membutuhkan kemampun berpiiir formal pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik untuk memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) korelasi antara kemampuan berpikir formal mahasiswa dengan pemahaman konseptualnya pada materi hukum-hukum dasar kimia (2) korelasi antara kemampuan berpikir formal mahasiswa dengan pemahaman algoritmiknya pada materi hukum-hukum dasar kimia (3) korelasi antara pemahaman konseptual mahasiswa dengan pemahaman algoritmiknya pada materi hukum-hukum dasar kimia and (4) kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal konseptual dan algoritmik tentang hukum-hukum dasar kimia dan (5) apakah pemahaman konseptual mahasiswa pada materi hukum dasar kimia tertinggal dibandingkan pemahaman algoritmiknya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan rancangan korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 34 orang mahasiswa tahun I dan 30 orang mahasiswa tahun II program studi pendidikan kimia pada tahun akademik 2010/2011. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir formal dari Burney tes kemampuan konseptual dan tes kemampuan algoritmik tentang hukum-hukum dasar kimia. Wawancara juga digunakan untuk memperoleh informasi lebih mendalam mengenai pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik mahasiswa tentang hukum-hukum dasar kimia. Tes Burney memiliki validitas butir soal sebesar 0 35 dan koefisien reliabilitas yang di ukur dengan dengan rumus KR-20 sebesar 0 85. Pemahaman konseptual memiliki validitas isi sebesar 96 2 % dan koefisien reliabilitas yang diukur dengan rumus KR-20 sebesar 0 72. Pemahaman algoritmik memiliki validitas isi sebesar 93 9% dan koefisien reliabilitas yang diukur dengan rumus KR-20 sebesar 0 79. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat korelasi positip yang kuat antara kemampuan berpikir formal dengan pemahaman konseptual pada materi hukum-hukum dasar kimia (2) terdapat korelasi positip tetapi lemah antara kemampuan berpikir formal dengan pemahaman konseptual mahasiswa pada materi hukum-hukum dasar kimia (3) terdapat korelasi yang lemah dan positif antara pemahaman konseptual mahasiswa dengan pemahaman algoritmiknya pada materi hukum dasar kimia (4) kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal konseptual dan soal-soal algoritmik tentang hukum-hukum dasar kimia dapat dianggap rendah dan (5) pemahaman konseptual tentang hukum-hukum dasar kimia mahasiswa adalah tertinggal dibandingkan pemahaman algoritmiknya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60010 |
Actions (login required)
View Item |