Pengaruh discovery learning berbantuan web terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada fluida statis / Zelin Norma Resty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh discovery learning berbantuan web terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada fluida statis / Zelin Norma Resty

Resty, Zelin Norma (2019) Pengaruh discovery learning berbantuan web terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada fluida statis / Zelin Norma Resty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Resty Zelin Norma. 2019. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Web Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep pada Fluida Statis. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.Si. (2) Dr. Nandang Mufti M.T Ph.D. Kata kunci discovery learning Schoology kemampuan berpikir kritis penguasaan konsep fluida statis Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan bagi siswa di saat ini dan masa mendatang. Pembelajaran fisika yang dilakukan saat ini masih banyak menekankan pada penyampaian teoritis dan sedikit yang diimbangi penyelidikan atau praktikum. Pada materi fluida statis siswa masih mengalami beberapa kesalahan dan pemahaman yang kurang bermakna. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa tidak utuh. Penguasaan konsep merupakan dasar dari kerangka berpikir. Pembelajaran untuk memperbaiki kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep salah satunya dengan model discovery learning. Discovery learning melibatkan penemuan dengan pengalaman langsung yang dapat membantu siswa memahami fluida statis. Tuntutan pembelajaran saat ini juga disarankan untuk melibatkan teknologi. Salah satu pengembangan teknologi web dalam pembelajaran adalah Schoology yang menyediakan akun gratis dan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Discovery learning dengan berbantuan web merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan discovery learning berbantuan web dan siswa yang belajar dengan discovery learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu yang dilengkapi penjelasan deskriptif. Rancangan eksperimental semu dilakukan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan web terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis sedangkan penjelsan deskriptif digunakan untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning berbantuan web dengan Schoology melibatkan pembelajaran tatap muka dan online. Hasil validasi RPP dan isi pembelajaran web-Schoology diperoleh sebesar 3 39 dan 3 69 dengan kriteria valid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Singosari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang meliputi (1) tes kemampuan berpikir kritis dengan tujuh indikator berpikir kritis dan (2) tes penguasaan konsep dengan empat indikator (C3-C6). Hasil validasi isi oleh dua validator pada kedua jenis instrumen tersebut diperoleh sebesar 3 48 dengan kriteria layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh reliabilitas soal-soal tes (1) kemampuan berpikir kritis sebesar 0 51 dan (2) penguasaan konsep sebesar 0 59. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan dengan uji statistik menggunakan MANOVA satu-jalur. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan discovery learning berbantuan web dan siswa yang belajar dengan discovery learning. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kontribusi penguasaan konsep yang lebih besar dari pada kemampuan berpikir kritis. Rata-rata kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan discovery learning berbantuan web lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran discovery learning berbantuan web dengan Schoology membantu siswa dalam memahami fluida statis terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep. SUMMARY Resty Zelin Norma. 2019. The Effect of Web-assisted Discovery Learning to Critical Thinking Capabilities and Mastery of Concept on Static Fluid. Thesis Physics Education Postgraduate Program Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Muhardjito M.Si. (2) Dr. Nandang Mufti M.T Ph.D. Keywords discovery learning Schoology critical thinking capabilities mastery of concept static fluid Critical thinking capabilities are one of the demands for students in the present and future. The existing physics learning is still limited to the delivery of theories and the low of investigation or practicum. In a static fluid topic students have some errors and insights that are less meaningful. This causes that the students critical thinking capabilities and mastery of concepts are not intact. The mastery of concepts is the basis of the mind. Learning to improve critical thinking skills and mastery of concepts one of which is the discovery learning model. Discovery learning involves discovery with direct experience that can help students understand static fluid. Current learning demands are involving technology. One of developments of web technology in learning is Schoology which provides free accounts and various facilities for its users. Web-assisted discovery learning is learning innovations that can help students improve critical thinking capabilities and mastery concepts students in the static fluid topic. The aim of this study is to examine and explain the differences in critical thinking capabilities and mastery of concepts students with web-assisted discovery learning and discovery learning. This study was used as a quasi-experimental research design which descriptive. The quasi-experimental research design is conducted to examine the effect of using web-assisted discovery learning models on critical thinking capabilities and mastery of concepts students in a static fluid material while descriptive is used to explain the implementation of learning. Web on discovery learning model with Schoology involves face-to-face and online learning. The result of RPP validation and learning on Schoology content was obtained 3 39 and 3 69 with valid criteria. The subjects of this study were class XI students of SMAN 1 Singosari 2018/2019 academic year include experiment class and control class. The data of this study were taken in the form of critical thinking capabilities and mastery of concepts students which are measured using test instruments. The test instrument include (1) tests of critical thinking capabilities with seven indicators of critical thinking and (2) mastery of concept tests with four indicators (C3-C6). The results of the content validation by two validators of the two types of instruments was obtained 3.48 with appropriate criteria to be used. Based on the results of the instrument trials the reliability of test questions was obtained (1) critical thinking capabilities of 0.51 and (2) mastery of concepts of 0.59. The research data analyzed descriptively and statistical tests by one-way MANOVA. The results of the analysis show that there are differences in critical thinking capabilities and mastery of the concepts with web-assisted discovery learning and discovery learning. Mastery of concepts contributes more than the critical thinking capabilities on differences between the two groups. The average critical thinking capabilities and mastery of concepts students were obtained that web-assisted discovery learning greater than discovery learning. The result of this study indicates that web-assisted discovery learning with Schoology can help students to improve critical thinking capabilities and mastery of concepts.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59954

Actions (login required)

View Item View Item