Pengaruh inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa / Emza Wahyu Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa / Emza Wahyu Aulia

Aulia, Emza Wahyu (2017) Pengaruh inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa / Emza Wahyu Aulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aulia Emza Wahyu. 2017. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terintegrasi TIEL terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL keterampilan proses sains penguasaan konsep. Sebuah proses pembelajaran harus mampu membuat siswa mengkontruksi pengetahuan belajar memecahkan masalah mengolah dan menggunakan pengetahuannya untuk menemukan solusi. Siswa harus dilibatkan secara aktif pada perkembangan aspek kognitif psikomotorik dan afektif sedangkan seorang guru berperan penting sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa. Oleh karena itu sangat dibutuhkannya perangkat pembelajaran fisika yang mampu mengembangkan psikomotorik melalui keterampilan proses sains dan kognitif melalui penguasaan konsep serta sikap sosial siswa secara utuh. Pengajaran Pembelajaran Intelektual dan Emosional (TIEL) merupakan model untuk membimbing pengembangan kurikulum dan perencanaan pembelajaran yang diperlukan untuk memenuhi standar pendidikan baru. TIEL membawa keseimbangan desain kurikulum yang mendukung pengajaran dan pembelajaran yang kompleks serta membantu guru menciptakan pengalaman belajar yang tersebar di beberapa operasi dasar pemikiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang belajar dengan menggunakan inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL dan kelas kontrol adalah kelas yang belajar dengan menggunakan inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan pada pokok bahasan elastisitas. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN Alalak Kabupaten Batola tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel penelitian dilakukan berdasarkan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi instrumen perlakuan berupa RPP dan LKS sedangkan instrumen pengukuran penelitian meliputi instrumen keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji-T independent. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL memperoleh keterampilan proses sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. 2) siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing terintegrasi TIEL memperoleh penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59900

Actions (login required)

View Item View Item