Pengaruh strategi mind map dalam pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar dan keterampilan proses sains terintegrasi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen pada materi hukum newton / Ari Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi mind map dalam pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar dan keterampilan proses sains terintegrasi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen pada materi hukum newton / Ari Handayani

Handayani, Ari (2017) Pengaruh strategi mind map dalam pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar dan keterampilan proses sains terintegrasi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen pada materi hukum newton / Ari Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Ari. 2017. Pengaruh Strategi Mind Map dalam Pembelajaran Group Investigation terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen pada Materi Hukum Newton. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno. M.Si (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci mind map group investigation prestasi belajar keterampilan proses sains terintegrasi Pelajaran Fisika merupakan pelajaran yang tidak hanya ditekankan pada konsep sebagai produk namun perlu juga mempertimbangkan proses ilmiah. Keterampilan proses sains terintegrasi dan prestasi belajar merupakan dua hasil belajar yang penting dalam mengatasi permasalahan siswa dalam mempelajari konsep hukum Newton. Siswa cenderung kesulitan dalam membayangkan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda. Permasalahan lain yang terjadi di sekolah adalah siswa cenderung hanya mencoba menghafalkan konsep-konsep dan rumus-rumus tanpa mendalami makna fisinya. Memadukan strategi Mind Map dalam pembelajaran Group Investigation akan membantu siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empirik pengaruh strategi Mind Map dalam pembelajaran Group Investigation mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 108 siswa yang terbagi dalam 3 kelas yang terdiri dari eksperimen 1 kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Penentuan ketiga kelas dilakukan dengan teknik cluster sampling dari populasi di SMAN 1 Kepanjen. Instrumen prestasi belajar yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda . Instrumen tes keterampilan proses sains terintegrasi berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis uji hipotesis menggunakan uji MANOVA satu jalur. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan antara lain 1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa yang belajar dengan strategi mind map dalam pembelajaran Group Investigation siswa yang belajar dengan pembelajaran Group Invesigation dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. 2) Pembelajaran dengan strategi Mind Map dalam pembelajaran Group Investigation memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa pada nilai pretest dan posttet. ABSTRACT Handayani Ari. 2017. The Influence Of Mind Map Strategy In Group Investigation (Gi) Learning To Achievement And Integrated Science Process Skill Of Students Sma Negeri 1 Kepanjen On Newton s Law. Thesis. Departement of Physics Education Graduate Program Universitas Negeri Malang. Advisor (1) Dr. Parno. M Si (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd Keywords mind map group investigation achievement integrated scientific proces skills Physics Lesson is a lesson that not only emphasizes the concept as a product but also needs to consider the scientific process. Integrated science process skills and learning achievement are two important learning outcomes in addressing student problems in learning Newton s legal concepts. Students tend to have difficulty in imagining the forces acting on an object. Another problem that occurs in schools is that students tend to only try to memorize concepts and formulas without deepening the meaning of the physical. Integrating Mind Map strategy in Group Investigation learning will help students in learning. This study aims to assess empirically the influence of Mind Map strategy in Group Investigation study able to improve the skills of science process and student achievement. This research is an experimental research with pretest posttest control group design. This study used a sample of 108 students divided into 3 classes consisting of experiment 1 experiment 2 class and control class. The determination of the three classes is done by cluster sampling technique from the population in SMAN 1 Kepanjen. The learning achievement instrument used in this research is a matter of multiple choice. An integrated science skill test instrument is a matter of multiple choice and an observation sheet. Hypothesis test analysis using one-way MANOVA test. The results of this study obtained conclusions among others 1) there are differences in science process skills and learning achievement of students who learn with the mind map strategy in Group Investigation learning students who learn with learning Group Invesigation and students learning with conventional learning. 2) Learning with Mind Map strategy in Group Investigation study gives positive influence in improving learning achievement and problem solving ability of students. This is indicated by an increase in the average value of students on the value of pretest and posttet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59877

Actions (login required)

View Item View Item