Aini, Nita Nur (2017) Penguasaan konsep fluida statis siswa dalam pembeljaran kolaboratif dengan penilaian formatif / Nita Nur Aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aini Nita Nur. 2017. Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa dalam Pembelajaran Kolaboratif dengan Penilaian Formatif. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjaana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Si (2) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci penguasaan konsep pembelajaran kolaboratif fluida statis penilaian formatif Salah satu konsep fisika yang dikuasai dengan lemah oleh siswa adalah konsep fluida statis. Pada materi tekanan hidrostatis siswa kesulitan untuk menguasai konsep tekanan oleh fluida massa jenis dan tekanan pada titik-titik yang segaris horizontal pada fluida sejenis. Pembelajaran kolaboratif dengan penilaian formatif merupakan salah satu alternatif yang diusulkan mampu untuk menyelesaikan permasalahan penguasaan konsep fluida statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran kolaboratif dengan penilaian formatif terhadap penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis dan mendeskripsikan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis dalam pembelajaran kolaboratif dengan penilaian formatif. Penelitian menggunakan metode mixed methods untuk menggali secara lengkap subyek penelitian. Penelitian menggunakan desain embedded experimental model dengan instrumen pengukuran berupa tes tulis soal-soal three tier. Subyek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Besuk tahun pelajaran 2015/2016. Penguasaan konsep dalam penelitian ini terbagi dalam enam kategori yaitu pengetahuan ilmiah tidak ada kepercayaan diri miskonsepsi negatif miskonsepsi positif miskonsepsi dan kurang pengetahuan. Keenam kategori ini didasarkan pada jawaban siswa terhadap tier 1 tier 2 dan tier 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dengan penilaian formatif pada materi fluida statis telah berhasil diimplementasikan pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Besuk dengan baik dan menunjukkan hasil yang positif terhadap penguasaan konsep siswa. Penguasaan konsep siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Besuk pada materi fluida statis setelah pembelajaran kolaboratif dengan penilaian formatif tergolong baik. Persentase penguasaan konsep siswa terhadap materi fluida statis mengalami perubahan dari pretest ke posttest. Siswa dengan kategori pengetahuan ilmiah mengalami kenaikan sebesar 28 7% dan siswa yang tidak ada keyakinan naik sebanyak 12 3%. Sebaliknya siswa dengan miskonsepsi kurang pengetahuan miskonsepsi positif dan miskonsepsi negatif berturut-turut menurun 21% 8 7% 10 35 dan 4 4%. Perhitungan N gain diperoleh nilai 0 46 yang termasuk dalam kategori medium atas dengan effect size sangat besar. Penelitian selanjutnya tentang penguasaan konsep dapat dilakukan dengan mengintegrasikan kategori-kategori penguasaan konsep dengan Taksonomi Bloom.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59850 |
Actions (login required)
View Item |