Pengaruh pembelajaran model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) terhadap literasi sains siswa pada materi fluida statis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMKN 1 Mojokerto / M. Wira Hendy Himawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) terhadap literasi sains siswa pada materi fluida statis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMKN 1 Mojokerto / M. Wira Hendy Himawan

Himawan, M. Wira Hendy (2017) Pengaruh pembelajaran model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) terhadap literasi sains siswa pada materi fluida statis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMKN 1 Mojokerto / M. Wira Hendy Himawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Himawan Wira Hendy. 2017. Pengaruh Pembelajaran Model CORE(Connecting Organizing Reflecting and Extending) terhadap Literasi Sains pada Materi Fluida Statis ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMKN 1 Mojokerto. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Keywords fluida statis kemampuan awal literasi sains pembelajaran model CORE. Pada abad 21 literasi sains telah menjadi tujuan utama dalam kurikulum sekolah berbagai negara di dunia. Warga negara dituntut untuk menjadi masyarakat modern yang mampu memecahkan berbagai masalah sains dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Namun literasi sains masih menjadi kendala bagi siswa di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) padahal dalam tuntutan di dunia industri dibutuhkan kemampuan menerapkan konsep sains. Di dunia pendidikan dibutuhkan kurikulum efektif yang menerapkan literasi dalam pembelajaran sains. Kemampuan awal yang dimiliki siswa mempermudah pemahaman pengetahuan yang baru dan menunjang ketercapaian literasi sains. Pembelajaran model CORE yang memiliki sintaks Connecting Organizing Reflecting and Extending merupakan pembelajaran kontruktivis yang tahapannya sesuai dengan pembelajaran literasi sains. Pembelajaran model CORE yang didukung dengan faktor kemampuan awal siswa diharapkan dapat menunjang ketercapaian literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains siswa SMK pada kemampuan awal yang berbeda dengan pengontrolan literasi sains awal melalui pembelajaran model CORE. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mojokerto. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan 1 kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan 1 kelas kontrol berjumlah 30 siswa mempunyai rata-rata kemampuan awal yang sama dengan setiap kelas terdapat siswa berkemampuan awal tinggi dan berkemampuan awal rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal tes literasi sains berbentuk uraian. Sebelum diberi perlakuan siswa diberi tes kemampuan awal dan tes literasi sains awal (pretest) baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran model CORE sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran model konvensional kemudian akhir pembelajaran diberi tes literasi sains (posttest). Data yang dikumpulkan diolah dengan statistik inferensial teknik ANCOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada materi fluida statis di SMK Negeri 1 Mojokerto (1) literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran model CORE lebih tinggi dibandingkan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) literasi sains siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa berkemampuan awal rendah (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap literasi sains siswa. Berdasarkan kesimpulan yang ketiga maka penelitian literasi sains selanjutnya sebaiknya tidak menggunakan variabel kemampuan awal siswa sebagai variabel moderator.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59849

Actions (login required)

View Item View Item