Cahyaningtyas, Tiara Intan (2017) Penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran heuristik Vee dengan umpan balik formatif pada materi suhu dan kalor / Tiara Intan Cahyaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyaningtyas Tiara Intan. 2017. Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Heuristik Vee dengan Umpan Balik Formatif pada Materi Suhu dan Kalor. Tesis. Program StudiPendidikanFisika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SentotKusairi S.Pd M.Si (II) Nandang Mufti S.Si M.T Ph.D. Kata Kunci heuristik vee keterampilan proses sains penguasaan konsep suhu dan kalor umpan balik formatif. Fisikamencakupduadimensiyaitu proses danproduk keduanyaharusadadansalingmempengaruhisatusama lain. Faktanya pembelajaranlebihmemfokuskansegiprodukdanmengesampingkan proses sehinggasiswakurangterlatihuntukmelakukanprosedurpengetahuanlayaknyaseorangilmuwan. Penguasaankonsepdanketerampilan proses siswapadamaterisuhudankalordapatdikembangkanmelaluipendekatankonstruktivis salahsatunyaadalahpembelajaranHeuristikVeedenganumpan balik formatif. Umpan balik formatif dalam penelitian ini dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau perkembangan pengetahuan siswa setiap pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran heuristik vee dengan umpan balik formatif. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan tipe embeded design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 SMAN 7 Malang. Instrumen penelitian berupa RPP soal pilihan ganda beralasan LKSveemap panduan wawancara dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes catatan lapangan observasi dokumentasi dan wawancara. Data kuantitatif penguasaan konsep didapatkan dari uji statistik sementara data kualitatif didasarkan pada nilai KKM dan kategori jawaban siswa yang terdiri dari menguasai miskonsepsi dan tidak menguasai konsep. Data keterampilan proses didapatkan dari analisis LKSveemap berdasarkan rubrik penilaian Schneider. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan pembelajaran heuristik vee dengan umpan balik formatif mengalami peningkatan. Penguasaan konsep meningkat pada fase pengkonstruksian pengetahuan dan evaluasi karena adanya umpan balik guru yang berkesinambungan. Walaupun demikian masih ditemukan beberapa kesulitan maupun miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor yaitu mengenai sifat termometrik zat penerapan soal matematis pemuaian konsep suhu dan kalor dalam kehidupan sehari-hari perubahan wujud dalam teoritis dan matematis Azas Black dan radiasi. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan bimbingan dan penguatan intensif dari guru setelah adanya penemuan konsep baru oleh siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa vee map mampu mengasah keterampilan proses sains siswa. Mencatat dan menganalisis data merupakan keterampilan proses dengan skor tertinggi sedangkan menyimpulkan merupakan keterampilan proses dengan skor terendah. Keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan secara bertahap pada setiap pertemuan karena adanya LKSveemap yang mampu melatih keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59840 |
Actions (login required)
View Item |