Pengaruh diagram alir dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fluida statis / Vinda Nur Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh diagram alir dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fluida statis / Vinda Nur Fitriana

Fitriana, Vinda Nur (2016) Pengaruh diagram alir dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fluida statis / Vinda Nur Fitriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Fitriana Vinda. 2016. Pengaruh Diagram Alir Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fluida Statis. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing diagram alir keterampilan berpikir tingkat tinggi keterampilan proses sains. Pembelajaran fisika membantu siswa dalam memperoleh kemampuan menggunakan pengetahuan dasar untuk memecahkan masalah. Upaya siswa dalam mempelajari fisika mengalami hambatan. Hambatan yang terjadi adalah siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari fluida statis. Pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan ini adalah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Jumlah responden 96 siswa dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas eksperimen pertama menggunakan pembelajaran inkuri terbimbing dengan diagram alir kelas eksperimen kedua menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas ketiga sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains diukur dengan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way manova. Uji lanjut dengan uji Tukey digunakan untuk mengetahui perbedaan dari 3 perlakuan secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir lebih tinggi dibanding siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Bagi guru yang ingin melakukan pembelajaran inkuri terbimbing dengan diagram alir hendaknya dilaksanakan pada pokok bahasan yang terdapat kegiatan eksperimen dan sebelumnya guru telah melatihkan cara membuat diagram alir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59826

Actions (login required)

View Item View Item