Amnirullah, Lalu (2015) Pengembangan formative feedback berbantuan komputer untuk membantu mahasiswa meningkatkan penguasaan konsep rotasi dan momentum sudut / Lalu Amnirullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amnirullah Lalu. 2015. PengembanganFormative FeebackBerbantuanKomputeruntukMembantuMahasiswaMeningkatkanPenguasaanKonsepRotasidan Momentum Sudut TesisJurusanPendidikanFisika. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SentotKusairiM.Si (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci formative feedbackberbantuankomputer penguasaankonsep rotasidan momentum sudut Asesmenformatifmerupakansalahsatuhalpentingdalampembelajaranfisika. Efektifitasasesmenformatifterletakpadaformativefeedback yang diberikan. Karenaberbagaikendala formativefeedbackbelumsepenuhnyadilakukanolehdosen. Sebagaiakibatnya baikpengajarmaupunmahasiswatidakmendapatkanumpanbalik yang diperlukandalam proses pembelajaran. Teknologikomputermenjadisalahsatusolusiuntukmempermudahformative feedback yang efektif. Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanformative feedbackberbantuankomputeruntukmembantumahasiswameningkatkanpenguasaankonseprotasidan momentum sudut. PenelitianinitermasukdalamPenelitiandanPengembangan (Research and Developement). Tahapanpenelitianterdiridaristudipendahuluan pengembangandesain danujicobaproduk. Ujicobaprodukdilaksanakandalambentukkuasieksperimen. Instrumen yang digunakanberupaangket tesuraiandantespilihanganda. Kegiatanvalidasimeliputivalidasiprodukformative feedbackberbantuankomputerdanvalidasisoalpilihanganda. Validasidilaksanakanolehdosenahlimateridanasesmen. Data penelitianmeliputi data kuantitatifberupapenilaian validator dantanggapanmahasiswaterhadapprodukberdasarkanskala Likert serta data kualitatifberupakomentardan saran yang diberikanoleh validator. Data kuantitafdianalisismenggunakanuji-t. Hasilanalisis data kuantitatif and kualitatifmenunjukkanbahwaprodukdalamkategoribaik. Secaraumumproduk yang dihasilkandikatakanlayakuntukdilakukanujilebihlanjut. Ujiefektivitasprodukmenunjukkanperbedaanantarakelompokkontroldaneksperimen. Hasiltersebutmenggambarkanefektifitasprodukformative feedbackberbantuankomputer yang telahdikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59804 |
Actions (login required)
View Item |