Abdul, Wachid (2015) Pengaruh self assessment dengan tugas mandiri terstruktur pada pembelajaran fisika model learning cycle 5E terhadap penguasaan konsep fluida statik ditinjau dari kemampuan awal siswa / Abdul Wachid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH SELF ASSESSMENT DENGAN TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Abdul Wachid Arif Hidayat Lia Yuliati Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Email wachid_nic67 yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah penguasaan konsep fisika siswa yang menerapkan Self Assessment model Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) lebih tinggi dari siswa yang menerapkan Assessment model Konvensional pada pembelajaran fisika model learning cycle 5E. (2) Perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang berkemampuan awal tinggi dan siswa yang berkemampuan awal rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan kemmpuan awal siswa terhadap penguasaan konsep fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang pelaksanaannya menggunakan desain model postes only control group design dengan rancangan factorial 2x2. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan IPA SMAN Sooko Mojokerto yang terdiri dari 10 kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dalam hal ini sebagai kelas eksperimen adalah kelas X MIA 8 yang terdiri dari 32 siswa dan sebagai kelas kontrol adalah kelas X MIA 7 yang terdiri dari 35 siswa. Sebagai variabel bebas adalah model pembelajaran variabel terikat adalah penguasaan konsep fisika dan variabel moderatornya adalah kemampuan awal Siswa. Analisis data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikansi 5% dengan alat pengolah data menggunakan program SPSS 15 for windows. Hasil analisis hipotesis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1)Penguasaan konsep fisika antara siswa yang belajar dengan Self Assessment dengan Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan Assessment model konvensional pada pembelajaran fisika model learning cycle 5E (Sig 0 000 taraf kesalahan 0 05). (2) Tidak ada perbedaan penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah (Sig 0 863 taraf kesalahan 0 05). (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep fisika (Sig 0 411 taraf kesalahan 0 05). Kata Kunci Self Assessment Tugas Mandiri Terstruktur Kemampuan Awal Penguasaan Konsep.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59795 |
Actions (login required)
View Item |