Alfad, Haritsah (2015) Pengembangan intelligent tutoring berbasing web untuk pembelajaran remedial pada materi fluida statis / Haritsah Alfad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alfad Haritsah. 2015. Pengembangan Intelligent Tutoring Berbasis Web untuk Pembelajaran Remedial pada Materi Fluida Statis. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika ProgramPascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Kata Kunci pembelajaran remedial intelligent tutoring(itutor) materi fluida statis Materi fluida statis merupakan materi dimana siswa banyak mengalami kesulitan sehingga berdampak pada rendahnya ketuntasan belajar. Pembelajaran remedial penting diberikan kepada siswa yang tidak tuntas belajar mengingat fisika tersusun atas konsep yang saling terkait dan berjenjang. Oleh karena itu diperlukan rencana sistematis untuk mendukung pembelajaran remedial dan mengatasi kesulitan belajar fisika pada materi fluida statis. Salah satu alternatif untuk membantu guru menjawab permasalahan tersebut adalah menggunakan intelligenttutoringberbasis web.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan menguji kelayakan dan keefektifan intelligent tutoringberbasis webuntuk pembelajaran remedialpadamateri fluida statis. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan olehSukmadinatayang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) studi pendahuluan (2) pengembangan dan (3) pengujian.Produk pengembangan divalidasi untuk mengetahui kelayakan pada bagian program iTutor dan soal pilihan ganda. Uji coba terbatas diberikan kepada guru dan siswa untuk mengetahuikelayakan kualitas serta kemampuan produk menurut pengguna. Tahap terakhir adalah uji coba kelas dengan desain posttest only. Subyek uji coba kelas terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu 2 kelas dengan rerata nilai kemampuan awal sama. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianini berupa tes angket dan wawancara. Data dari angket dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data nilai posttest dianalisis dengan statistik Independent T-Testuntuk mengetahui efektivitas program iTutorterhadap prestasi belajar fisika. Hasil validasioleh ahli menunjukkan bahwa program iTutor dalam kriteria layak. Sedangkan dari hasil uji coba terbatas oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa program dalam kriteria layak yaitu pada aspek penggunaan kemampuan serta kemanfaatan. Hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji IndependentT-test pada nilai posttest diperoleh nilai t hitung sebesar 3 267 nilai t tabel sebesar 2 005 dengan degree of freedom 55 dan taraf signifikan0 05.Nilai effect sizediperoleh sebesar 0 88. Keunggulan dari program iTutor antara lain(1) Dapat diakses semua jenis perangkat yang terkoneksi internet (2) Umpan balik yang segera sesuai dengan kesulitan siswa secara individual (3) Report siswa berisi informasi nilai ketuntasan tiap indikator pembahasan soal serta materi remedial (4) Guru dapat membuat bank soaldan materi remedial mengelola course dan meeting membuat class dan user dan mendapatkan report hasil kuis siswa (5) Dari hasil report guru dapat mengetahui profil kemampuan siswa secara individu maupunkelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59790 |
Actions (login required)
View Item |