Fardatin, Emi (2015) Pengaruh model pembelajaran C.I.R.C.U.I.T. dengan formative feedback terhadap penguasaan konsep fisika dan kerja ilmiah siswa kelas VIII SMP / Emi Fardatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fardatin Emi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan Formative Feedback terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kerja Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi S. Pd. M. Si. (II) Dr. Siti Zulaikah S. Pd. M. Si. Kata Kunci Model Pembelajaran C.I.R.C.U.I.T Formative Feedback Penguasaan Konsep Fisika Kerja Ilmiah. Pembelajaran IPA khususnya Fisika perlu disajikan secara interaktif inspiratif dan menyenangkan agar siswa dapat termotivasi untuk berpartisipasi aktif. Guru sebagai agen perubahan diharapkan dapat mengenal bakat minat dan psikologis siswa sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan konsep Fisika dan kerja ilmiahnya. Model pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan formative feedback merupakan salah satu cara agar siswa dapat mencapai penguasaan konsep Fisika dan kerja ilmiah yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penguasaan konsep Fisika dan kerja ilmiah siswa pada pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan formative feedback dan pembelajaran konvensional (inkuiri terbimbing). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest only control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa Kelas VIII MTs Daruttaqwa Suci Manyar Gresik pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling dimana satu kelas menjadi kelas eksperimen yang siswanya belajar dengan menggunakan model pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan formative feedback dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang siswanya belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Data penguasaan konsep Fisika diukur di akhir penelitian dengan tes soal pilihan ganda. Data kerja ilmiah diukur selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan tes kerja ilmiah yang diambil di akhir penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan multivariate of anova. Sementara itu pengaruh pembelajaran diuji dengan menggunakan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan formative feedback dan inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep Fisika dan kerja ilmiah siswa (2) siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan formative feedback mencapai penguasaan konsep Fisika yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan (3) siswa yang belajar dengan model pembelajaran C.I.R.C.U.I.T dengan formative feedback memiliki kerja ilmiah yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |