Ajeng A, Ratika Sekar (2014) Kemampuan multirepresentasi dan penguasaan konsep siswa dalam APBL (Authentic Problem Based Learning) pada materi elastisitas dan getaran / Ratika Sekar Ajeng A. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ananingtyas Ratika Sekar Ajeng. 2014. Kemampuan Multirepresentasi dan Penguasaan Konsep Siswa dalam aPBL (Authentic Problem Based Learning) pada Materi Elastisitas dan Getaran. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci aPBL kemampuan multirepresentasi penguasaan konsep. Pembelajaran kontekstual memberikan permasalahan-permasalahan yang dialami siswa secara langsung sehingga setelah pembelajaran diharapkan siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Permasalahan fisika disaji kan dalam berbagai format sehingga diperlukan kemampuan multirepresen tasi untuk menyelesaikanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan multirepresentasi siswa dalam aPBL pada materi elastisitas dan getaran menguji perbedaan penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah aPBL pada materi elastisitas dan getaran dan mendeskripsikan respon siswa terhadap aPBL yang mengembang kan kemampuan multirepresentasi dan penguasaan konsep siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan menggunakan embedded experimental model. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 kota Blitar dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 3 yang dipilih dengan purpossive sample. Data penelitian ini adalah keterlaksanaan pem bel ajaran data kemampuan multirepresentasi data penguasa an konsep dan data respon siswa terhadap pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi LKS lembar tes kemampuan multi representasi dan penguasaan konsep dan kuesioner respon pembelajaran. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu data sekor penguasaan konsep dengan uji t data sekor kemampuan multirepresentasi dan data respons siswa terhadap pembelajaran dengan presentase data. Data yang dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan aPBL kemampuan multirepresentasi penguasaan konsep dan keterkaitan antara kemampuan multirepresentasi dan penguasaan konsep siswa. Proses aPBL terlaksana dengan baik. Kemampuan multirepresentasi siswa yang menonjol adalah kemampuan multirepresentasi matematis dan yang kurang adalah kemampuan multirepresentasi verbal. Penguasan konsep siswa sesudah aPBL lebih baik daripada sebelum aPBL. Selama aPBL mayoritas siswa memilih format soal bergambar sebagai format soal yang dianggap mudah dan memilih menyelesaikan permasalahan dengan mengilustrasikan jawaban. Saran yang bisa diberikan dari hasil penelitian ini adalah guru bisa menggunakan aPBL sebagai alternatif model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan multirepresen-tasi dan penguasaan konsep siswa guru sebaiknya memberikan permasalahan fisika dengan berbagai format representasi dan lebih sering mengajak siswa melakukan praktikum atau percobaan sederhana kepala sekolah lebih melengkapi fasilitas berupa alat praktikum peneliti lain dapat melakukan penelitian selanjut nya mengenai keterkaitan kemampuan multirepresentasi dengan kemampuan pemecahan masalah atau kemampuan berpikir tingkat tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59757 |
Actions (login required)
View Item |