Riswanti, Fia Tutut (2013) Pengembangan bahan ajar fisika SMA kelas X berbasis kontekstual dengan bantuan komputer (CAI) / Fia Tutut Riswanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Bahan Ajar CAI Fisika Kontekstual Materi Suhu dan Kalor Persoalan dalam pembelajaran sain (termasuk fisika) selama ini kurangnya bahan ajar yang menantang siswa untuk berpikir dan metode pembelajaran yang kurang mengaitkan antara materi yang diberikan dengan kehidupan nyata siswa. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dewasa ini persoalan tersebut dapat sedikit teratasi yaitu dengan pengembangan produk bahan ajar fisika berbasis computer assited intruction (CAI) yang memungkinkan penggabungan teks gambar animasi dan video. Video dapat digunakan untuk menghadirkan kehidupan nyata (kontekstual) ke dalam kelas sedangkan animasi dapat digunakan untuk memvisualisasi konsep-konsep abstrak dalam fisika menjadi lebih konkrit. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar CAI fisika mengetahui tingkat kelayakan media dan mengkaji efektivitas media dalam pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan for D models dari Thiagarajan yang meliputi tahap define desain develop dan diseminate. Tahap define dilakukan terlebih dahulu dengan melakukan analisis kebutuhan dilapangan yaitu dengan survei pada guru dan siswa di sekolah. Hasil survei digunakan sebagai bahan utama dalam mendesain dan mengembangkan media pembelajaran CAI fisika. Hasil pengembangan kemudian divalidasi oleh validator ahli materi dan media dan dilanjutkan dengan revisi media. Langkah selanjutnya adalah dilakukan uji kelayakan pada pengguna yaitu dengan melibatkan 2 guru dan 30 siswa. Hasil validasi dari validator ahli dan validator media masing-masing sebesar 92 28% dan 96 07% menunjukkan bahwa produk hail pengembangan masuk dalam katagori sangat layak. Hasil uji terhadap pengguna guru dan siswa masing diperoleh skor 95 50% dan 95 56% dan masuk dalam katagori sangat layak. Hasil uji efektivitas produk hasil pengembangan pada pembelajaran di kelas menunjukkan kelas eksperimen yang diberi produk hasil pengembangan sebagai bahan ajar menunjukkan perbedaan hasil prestasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar cetak. Sisiwa dalam kelas eksperimen menunjukkan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingan dengan siswa dalam kelompok kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59720 |
Actions (login required)
View Item |