Studi kasus tentang kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di kelas IV SDN Tugu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Ratih Agustina Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus tentang kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di kelas IV SDN Tugu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Ratih Agustina Rahayu

Rahayu, Ratih Agustina (2015) Studi kasus tentang kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di kelas IV SDN Tugu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Ratih Agustina Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Ratih Agustina. 2015. Studi Kasus tentang Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaiakan Soal FPB dan KPK di Kelas IV SDN Tugu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Endang Setyo W M.Pd (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata kunci Studi Kasus Kesulitan Belajar FPB Dan KPK Kelas IV SD. Matematika merupakan mata pelajaran yang sebagian besar materinya bersifat abstrak sehingga banyak siswa yang menganggap bahwa matematika sulit. Dari hasil wawancara kepada pendidik dan siswa di kelas IV SDN Tugu dapat diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar pada materi FPB dan KPK. Peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa penyebab dan berupaya mencari cara menyelesaikan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian yang diambil yaitu 2 siswa kelas IV yang memenuhi syarat sebagai (1) siswa yang berkesulitan belajar (keterangan dari pendidik) (2) nilai hasil tes pendahuluan yang rendah dan (3) nilai hasil tes semua materi yang rendah. Dari ketiga kriteria ini didapatkan dua siswa sebagai subjek penelitian. Setelah letak kesulitan belajar dan penyebabnya dianalisis peneliti memberikan bimbingan kepada subjek untuk mengatasi kesulitan belajar. Setelah bimbingan diberikan tes akhir kepada 25 siswa di kelas IV untuk melihat sejauh mana peningkatan pemahaman subjek 1 dan subjek 2. Hasil tes akhir yang diberikan menunjukkan bahwa subjek 1 dan subjek 2 mengalami peningkatan pemahaman dan bukan lagi merupakan siswa dengan nilai paling rendah. Dari hasil analisis data diperoleh keterangan bahwa (1) letak kesulitan belajar kedua subjek yaitu pada bagian konsep keterampilan dan pemecahan masalah (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa diantaranya yaitu kurangnya perhatian dari pendidik pembelajaran yang bersifat abstrak dan kurangnya kemampuan siswa baik terhadap konsep keterampilan atau kemampuan dalam memecahkan masalah FPB dan KPK (3) cara mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu membenahi segala sesuatu yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa diantaranya dengan menggunakan media yang konkrit dalam pembelajaran dan lebih memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dari penelitian yang telah dilakukan diharapkan pihak-pihak yang terkait seperti pendidik dan kepala sekolah lebih memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar memperhatikan tingkat kognitif dan pemahaman siswa selalu melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan serta memperluas pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item