Viani, Andika (2015) Peningkatan pemahaman unsur-unsur bangun datar melalui model guided discovery siswa kelas II di SDN Padangan Kabupaten Tulungagung / Andika Viani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Viani Andika. 2015. Peningkatan Pemahaman Unsur-Unsur Bangun Datar melalui Model Guided Discovery Siswa Kelas II Di SDN III Padangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (2) Dra.Yuliwidiarti M.Pd. Kata kunci peningkatan unsur-unsur bangun datar model guided discovery Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas II SDN III Padangan Kabupaten Tulungagung adalah yaitu (1) penyampaian materi dilaku-kan dengan cara mencatat (2) bahasa yang digunakan guru dalam pembelajaran tidak dimengerti siswa (3) guru belum menggunakan media pembelajaran secara maksimal (4) pemahaman siswa tentang unsur-unsur bangun datar rendah. Oleh karena itu perlu diadakan suatu penelitian. Tujuan diadakannya penelitian terse-but adalah (1) memaparkan pelaksanaan model guided discovery pada pembelajar-an unsur-unsur bangun datar di kelas II SDN III Padangan Kabupaten Tulung-agung dan (2) memaparkan peningkatan pemahaman unsur-unsur bangun datar melalui model guided discovery di kelas II SDN III Padangan Kabupaten Tulung-agung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan yaitu pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2. Pengumpulan data dilaku-kan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumen-tasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari pelaksanaan model guided discovery diperoleh aktifitas guru sebesar 84 7% pada siklus I dan 97 8% pada siklus II sedangkan aktifitas siswa sebesar 86 6% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan hasil evaluasi diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 63 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 53% dan pada siklus II sebesar 89 dengan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model guided discovery dapat meningkatkan pemahaman unsur-unsur bangun datar siswa kelas II SDN III Padangan Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu di-sarankan bagi guru agar menerapkan model guided discovery dalam pembelajaran agar pemahaman siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5963 |
Actions (login required)
View Item |