Penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar logika matematika siswa kelas X SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan Tahun pelajaran 2013/2014 / Tasfia Azhima - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar logika matematika siswa kelas X SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan Tahun pelajaran 2013/2014 / Tasfia Azhima

Azhima, Tasfia (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar logika matematika siswa kelas X SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan Tahun pelajaran 2013/2014 / Tasfia Azhima. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azhima Tasfia. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Logika Matematika Siswa Kelas X SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. Sisworo M.Si Kata Kunci hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe make a match 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang cenderung kurang aktif dan menyenangkan sehingga menyebabkan hasil belajar logika matematika siswa rendah. Salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan sehingga hasil belajar logika matematika siswa menjadi lebih baik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe make a match yang meningkatkan hasil belajar logika matematika siswa kelas XA SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam setiap pertemuannya dibantu oleh dua orang pengamat. Subjek penelitian adalah siswa kelas XA SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan yang terdiri dari 22 orang dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi wawancara pendokumentasian serta tes hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Beberapa temuan yang diperoleh pada pelaksanaan siklus I dan siklus II yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini suasana belajar yang tercipta adalah kompetisi hasil analisis data tes menunjukkan peningkatan hasil belajar adanya peningkatan semangat siswa karena adanya penghargaan kelompok dan berdasarkan hasil wawancara didapatkan hasilnya bahwa siswa senang dan lebih berani mengeluarkan pendapat sejak adanya pembelajaran kooperatif tipe make a match. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar logika matematika siswa kelas XA SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan setelah diadakan tindakan berupa pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match. Pembelajaran meliputi kegiatan persiapan guru dan siswa dalam memulai pembelajaran pengelompokkan pembahasan materi permainan mencari pasangan persentasi dan pembahasan hasil permainan penghargaan kelompok. Kartu dalam permainan mencari pasangan berisi soal dan jawaban. 12288 12288 12288 12288 Hasil tes belajar logika matematika rata-rata kelasnya mencapai 91.36 dan banyaknya siswa yang tuntas dalam pembelajaran mencapai 100%. Dari data di atas diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar logika matematika siswa kelas XA SMA Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59460

Actions (login required)

View Item View Item