Dini (2011) Implementing paired review strategy to improve the reading ablility of students of english language education STAIN Samarinda / Dini Irawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci strategi paired review meningkatkan kemampuan membaca Membaca merupakan salah satu ketrampilan bahasa yang harus dikuasai penutur bahasa kedua. Diantara empat ketrampilan bahasa membaca merupakan salah satu factor terpenting yang mendukung penguasaan ketrampilan bahasa yang lain. Fakta yang ditemui penulis bahwa mahasiswa pendidikan bahasa Inggris STAIN Samarinda memiliki kemampuan membaca mahasiswa rendah. Mereka pada umumnya membaca dengan lambat dan melakukan pengulangan- pengulangan pada teks yang mereka baca. Rendahnya kemampuan membaca mereka disebabkan oleh rendahnya motivasi dan kurang tepatnya teknik pengajaran membaca. Berdasarkan fakta diatas penulis melakukan penelitihan tindak kelas. Studi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa . Penelitihan meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa mengunakan strategi paired review. Strategi ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan membaca harfiah membaca kesimpulan dan membaca evaluatif. Dalam pelaksanaannya terdiri dari empat langkah berhenti tiga menit ( three minutes pause) kefasihan verbal berpasangan (Pair verbal fluency) berpikir berbagi berpasangan (Think pair share) dan refleksi (reflect). Prosedur penlitihan yang digunakan terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitihan dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 3 pertemuan 2 pertemuan proses belajar mengajar dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Dengan subyek penelitihan mahasiswa semester 4 jurusan pendidikan bahasa inggris di STAIN Samarinda. Setiap pelaksanaan proses belajar mengajar mengunakan tiga fase pengajaran membaca. Pengumpulan data mengunakan beberapa instrument tes observasi dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dari tes dianalisis dan dipresentasikan dalam bentuk kuantitatif dan data yang diperoleh dari observasi dan catatan lapangan dianalisis dan dipresentasikan dalam bentuk kualitatif. Hasil akhir penelitihan ini menunjukan bahwa pengajaran membaca menggunakan strategi paired review berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dari hasil penilaian awal yang diambil dari skor penilaian akhir semester reading comprehension III nilai rata- ratanya 55.83 dan nilai rata- rata akhir pada siklus kedua 70 42. Fakta lainnya menunjukan bahwa pengajaran membaca menggunakan paired review menggunakan strategi paired review mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk lebih aktif. Berdasarkan hasil temuan ini pengajar membaca disarankan untuk menerapkan strategi ini dengan memperhatikan tingkat kemampuan mahasiswa tingkat kesulitan bahan bacaan dan motivasi mahasiswa. Bagi penelitih selanjutnya untuk melakukan penelitihan meningkatakan kemampuan membaca mengunakan strategi ini dengan subyek yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59213 |
Actions (login required)
View Item |