Pengembangan media interaktif pada pembelajaran sub tema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV semester 2 SD Negeri Pandanwangi 4 Malang / M. Luthfi Oktarianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif pada pembelajaran sub tema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV semester 2 SD Negeri Pandanwangi 4 Malang / M. Luthfi Oktarianto

Oktarianto, M. Luthfi (2015) Pengembangan media interaktif pada pembelajaran sub tema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV semester 2 SD Negeri Pandanwangi 4 Malang / M. Luthfi Oktarianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktarianto M Luthfi. 2015. Pengembangan Media Interaktif Pada Pembelajaran Subtema Makananku Sehat dan Bergizi di Kelas IV Semester 2 SD Negeri Pandanwangi 4 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata kunci pengembangan media interaktif subtema makananku sehat dan bergizi Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Pandanwangi 4 Malang diperoleh temuan bahwa media yang digunakan hanya sebatas media gambar. Guru jarang menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah karena jumlahnya yang terbatas. Laboratorium komputer hanya sebatas pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Berdasarkan hasil temuan observasi tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran subtema makananku sehat dan bergizi agar pembelajaran lebih bermakna. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media DVD interaktif untuk subtema Makananku Sehat dan Bergizi yang layak menurut tenaga ahli materi ahli media ahli lapangan (guru) dan siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiono 2014 409) yang telah dimodifikasi yaitu (1) mengidentifikasi potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk akhir. Uji coba hasil produk oleh ahli media produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 94%. Uji coba hasil produk oleh ahli materi I produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 76 39%. Uji coba hasil produk oleh ahli materi II produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 100%. Uji coba hasil produk oleh ahli lapangan (guru) produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 95%. Berdasarkan uji coba pemakaian oleh kelompok kecil (siswa) produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 95%. Media pembelajaran interaktif digunakan oleh guru sebagai media alternatif untuk membantu siswa memahami materi subtema makananku sehat dan bergizi. Disarankan untuk pengembang lain untuk memperhatikan kualitas suara dan animasi yang lebih menarik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item