The evectiveness of using dictogloss method on listening comprehension of grade eight students at state junior high school 5 Malang / Ayu Dwi Nastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

The evectiveness of using dictogloss method on listening comprehension of grade eight students at state junior high school 5 Malang / Ayu Dwi Nastiti

Dwi Nastiti, Ayu (2012) The evectiveness of using dictogloss method on listening comprehension of grade eight students at state junior high school 5 Malang / Ayu Dwi Nastiti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Key Words Dictogloss Listening Comprehesion Mendengarkan (menyimak) merupakan kemampuan berbahasa yang paling penting sebelum siswa mampu belajar berbicara membaca dan menulis. Sudah dibuktikan bahwa lebih dari 50% siswa menghabiskan waktunya untuk mendengarkan. Berdasarkan fakta tersebut guru seharusnya memiliki metode pembelajaran khusus yang mampu meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Dictogloss merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan (menyimak) siswa. Dibandingkan metode yang lain dictogloss mampu membuat siswa menyerap informasi lebih akurat. Metode ini menggabungkan pendekatan bottom up dan top down dimana hal ini memungkinkan siswa untuk memahami informasi dari pengetahuan tentang bahasan sebuah teks dan kecerdasan linguistik yang mereka miliki. Penelitian terdahulu tentang penggunaan dictogloss menunjukkan bahwa dictogloss merupakan metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Penelitian Harwood s menemukan bahwa dictogloss merupakan strategi pembelajaran yang cocok bagi siswa pada semua level. Kurniasari (2009) meneliti tentang efektivitas penggunaan dictogloss dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasil dari penelitiannya menyebutkan bahwa dictogloss merupakan metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis siwa. Akan tetapi penelitian ini dilakukan untuk meneliti apakah metode dictogloss memiliki efektivitas yang tinggi dalam pengajaran listening. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah penelitian yang dirumuskan sebagai Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang diajarkan menyimak menggunakan metode dictogloss dan nilai siswa yang diajarkan menyimak menggunakan metode konvensional Kemudian diambillah data yang reliabel untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kedua kelompok. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental pretest-posttest nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 6 kali pertemuan yaitu 1 pertemuan untuk pretest 4 pertemuan untuk melaksanakan treatment dan 1 pertemuan terakhir untuk mengadakan posttest. Kelompok eksperimental diajarkan menyimak menggunakan metode dictogloss sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Sebelum diberikan perlakuan siswa terlebih dahulu diberi pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa yang berbentuk pilihan ganda. Setelah mendapat perlakuan siswa diberi posttest yang juga berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk rata-rata nilai. Data tersebut dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan level signifikan p 5%. Kemudian dihasilkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimental sebesar 78.33 sedangkan rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 63.75. Dengan menggunakan perhitungan statistik dihasilkan bawah F score lebih besar dari F table. Artinya perbedaan nilai kedua kelompok itu sangat signifikan. Kemudian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dictogloss untuk meningkatan kemampuan menyimak terbukti lebih efektif daripada penggunaan metode konvesional. Berdasarkan hasil penelitian guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan dictogloss sebagai metode alternatif dalam pengajaran listening. Sedangkan para peneliti lain dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengadakan penelitian mengenai dictogloss menggunakan desain penelitian yang berbeda dan mengadakan mengadakan penelitian tentang dictogloss menggunakan media yang lebih menarik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59031

Actions (login required)

View Item View Item