A Study on teacher in the first grade of international class program / Febrina Rizky Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

A Study on teacher in the first grade of international class program / Febrina Rizky Agustina

Agustina, Febrina Rizky (2018) A Study on teacher in the first grade of international class program / Febrina Rizky Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Agustina Febrina Rizky. 2018. Penelitian tentang Teacher Talk pada Kelas Satu Sekolah Dasar dalam Program Kelas Internasional. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. M.A. Kata Kunci teacher talk program kelas internasional kelas imersi Di era teknologi Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sering digunakan dalam hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Namun mempelajari Bahasa Inggris dalam konteks EFL seperti Indonesia seringkali terasa lebih sulit karena tidak adanya penutur asli yang merupakan sumber bahasa bagi pembelajar Bahasa Inggris. Hal tersebut mengakibatkan naiknya permintaan untuk pengajaran Bahasa Inggris sejak dini dari pihak orang tua untuk anak-anak mereka. Menanggapi hal tersebut beberapa sekolah dasar swasta mulai menjadikan Bahasa Inggris sebagai muatan lokal dengan menimbang kelenturan dan kemampuan otak anak-anak dalam mempelajari Bahasa baru. Beberapa sekolah lain juga mulai mengimplementasikan program kelas imersi yang dimulai dari kelas satu meski pemerintah Indonesia telah mencanangkan peraturan baru mengenai penghentian pembelajaran Bahasa Inggris pada sekolah dasar. Kelas imersi dalam konteks EFL menunjukkan bahwa ada kemungkinan besar bahwa para peserta didiknya hanya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang terbatas. Oleh karena itu kebanyakan guru Bahasa Inggris akan menggunakan Teacher Talk dalam memberikan input bahasa bagi para peserta didik tersebut. Dalam memberikan input bahasa para guru hendaknya mengetahui cara menggunakan Teacher Talk secara efektif untuk memudahkan peserta didik memahami bahasa yang diucapkan oleh guru. Selain itu terdapat beberapa fitur dan modifikasi dari Teacher Talk itu sendiri yang harus dipahami oleh para guru. Akan tetapi hanya ada sedikit sekali penelitian mengenai penggunaan Teacher Talk untuk pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar khususnya di kelas imersi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana Bahasa Inggris dimodifikasi menjadi Teacher Talk sebagai input bahasa sehingga dapat dimengerti oleh siswa kelas satu di kelas Bahasa Inggris dan non-Bahasa Inggris pada program kelas internasional (ICP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksananakan pada sebuah kelas Bahasa Inggris dan kelas Matematika di SD Laboratorium UM dimana Bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Subyek penelitian merupakan dua guru wali kelas ICP (program kelas internasional). Salah satu guru tersebut bertanggung jawab untuk mengajar Bahasa Inggris serta membantu guru mata pelajaran non-Bahasa Inggris sementara wali kelas lainnya bertanggung jawab mengajar Matematika IPA dan Tematik. Pengamatan dilakukan di kelas Bahasa Inggris selama enam kali sedangkan di kelas Matematika dilakukan sebanyak dua kali. Data yang didapat vii dari hasil pengamatan kemudian divalidasi menggunakan triangulasi melalui wawancara mendalam kepada kedua guru dan hasil-hasil catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengajarkan bahasa asing pada peserta didik kelas satu di program kelas internasional para guru paling sering menggunakan fitur Teacher Talk berupa pertanyaan (Teacher Talk as questions) khususnya pertanyaan konvergen. Sedangkan modifikasi Teacher Talk yang paling sering digunakan pada kelas Bahasa Inggris yaitu penggunaan code mixing dan code switching sebagai upaya untuk membuat input bahasa yang dapat dimengerti oleh para peserta didik. Sedangkan pernyataan (declarative sentence) merupakan modifikasi yang paling sering digunakan di kelas Matematika. Penelitian ini hanya berhasil memaparkan dua kali pengamatan pada kelas Matematika dikarenakan ketidakmampuan peneliti dalam membangun hubungan baik dengan salah satu subjek penelitian. Hal tersebut mengakibatkan hasil data yang kurang memadai dari kelas Matematika untuk dianalisis sehingga terdapat perbedaan hasil penyajian data antara penggunaan fitur-fitur dan modifikasi Teacher Talk di kelas bahasa Inggris dan kelas Matematika. Oleh karena itu sangat disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menjalin hubungan baik dengan subjek penelitian agar penelitian tersebut mampu menghasilkan hasil yang sebanding.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59001

Actions (login required)

View Item View Item