Rosiana, Elisa (2018) Communication strategies employed by EFL learners across their proficiency levels during panel discussion in speaking class / Elisa Rosiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iiv RINGKASAN Rosiana Elisa. 2018. Strategi Komunikasi yang digunakan oleh Siswa Bahasa Inggris Terhadap Level Kemahiran mereka Selama Diskusi Panel dikelas Speaking. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Effendi Kadarisman M.A. Ph.d (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed. Kata Kunci strategi komunikasi berbicara siswa bahasa inggris level kemahiran diskusi panel Untuk mencapai tujuan komunikasi tertentu siswa perlu mengguankan strategi dalam berkomunikasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menyelidiki strategi dalam berkomunikasi (CS) yang digunakan oleh siswa bahasa inggris pada tingkat kemahiran berbicara mereka selama diskusi panel di kelas speaking. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif . Subjek dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta dari dua kelas Speaking for Academic Purposes mahasiswa semester empat Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan adalah observation checklists video recorder dan interview guide. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa menggunakan 12 jenis CS stalling/time gaining digunakan 1184 kali all-purpose words digunakan 38 kali nonlinguistic signals digunakan 33 kali Literal Translation digunakan 28 kali Approximation digunakan 19 kali Circumlocution digunakan 19 kali Message abandonment digunakan 17 kali Appeal for help digunakan 10 kali Code switching digunakan 9 kali Topic Avoidance digunakan hanya sekali dan yang terakhir Foreignizing digunakan hanya sekali (2) CS yang paling sering digunakan adalah stalling / time gaining yang umumnya digunakan siswa pada level high advanced dan advanced. Sebaliknya CS yang paling jarang digunakan adalah Topic avoidance dan foreignizing yang umumnya digunakan siswa pada level advanced (3) alasan yang mungkin adalah bahwa mereka masih memiliki kesulitan bahasa karena pengaruh bahasa pertama keterampilan tata bahasa yang standar kegelisahan dan kelalaian dan memiliki sedikit pengetahuan tentang CS (4) setelah belajar CS dari peneliti siswa menggunakan beberapa CS dalam komunikasi mereka yang pada dasarnya membuat mereka memiliki motivasi yang lebih tinggi dalam belajar dan juga meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa menggunakan banyak jenis strategi komunikasi dan memiliki bagai alasan pada pemilihan CS yang mereka gunakan. Disarankan pada dosen bahasa inggris dikelas speaking untuk mengajarkan siswa CS secara implisit atau eksplisit siswa menemukan informasi dan belajar lebih banyak dari internet buku atau sumber lain di luar kelas Peneliti selanjutnya memastikan skor dari kelas yang berbicara dengan siswa sesuai dengan kinerja mereka di kelas speaking yang diambil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58994 |
Actions (login required)
View Item |