The effect of task-based language teaching on the English learning of elementary school students across types of intelligences / Gusti Annisa Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of task-based language teaching on the English learning of elementary school students across types of intelligences / Gusti Annisa Fitriani

Fitriani, Gusti Annisa (2017) The effect of task-based language teaching on the English learning of elementary school students across types of intelligences / Gusti Annisa Fitriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Gusti Annisa. 2017. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Pelatihan dalam Pembelajaran Bahasa untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Setiap Tipe Kecerdasan. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D (II) Dr. Sri Rachmajanti Dipl. TESL M.Pd Kata Kunci Perbendaharaan Kata Tata Bahasa Pelatihan Kecerdasan Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas pelatihan perbendaharaan kata dan tata bahasa dalam setiap tipe kecerdasan siswa. Penelitian ini ditujukan untuk memperkaya pelatihan-pelatihan yang telah ada mengenai implementasi tipe kecerdasan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pretes dan posttes grup tunggal. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan. Penelitian ini dikerjakan dalam enam pertemuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pretes dan posttest dalam bentuk pencocokan kata dan pilihan ganda. Data yang didapat dari pretes dan postes ini dianalisis dengan SPSS 16 untuk mencari t sampel berpasangan. Dari analisis yang diperoleh didapat hasil t adalah 25.672 dan nilai p value adalah .000 untuk perbendaharaan kata. Untuk tata bahasa hasil t adalah 17.192 dan nilai p adalah .000. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa memperoleh peningkatan hasil yang signifikan dalam penguasaan perbendaharaan kata dan tata bahasa setelah diadakan pelatihan. Analisis lain dalam aspek lain adalah hasil pelatihan perbendaharaan kata dan tata bahasa dalam setiap kecerdasan menunjukkan hasil yang signifikan setelah penerapan pelatihan. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa pelatihan-pelatihan perbendaharaan kata dan tata bahasa yang diterapkan pada siswa seperti bongkar pasang kartu flash teka-teki silang penggunaan lagu dan presentasi dialog di depan kelas) adalah efektif untuk meningkatkan pencapaian penguasaan perbendaharaan kata. Penulis menyarankan agar guru-guru lain dapat memakai pelatihan-pelatihan perbendaharaan kata dan tata bahasa sebagai penerapan yang efektif di kelas. Untuk peneliti lain penulis menyarankan agar memakai metode eksperimental yang lain seperti eksperimental murni atau eksperimental kuasi agar hasil yang didapatkan berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58931

Actions (login required)

View Item View Item