Citation practices in Indonesian EFL theses / Nugrahaningtyas Fatma Anyassari - Repositori Universitas Negeri Malang

Citation practices in Indonesian EFL theses / Nugrahaningtyas Fatma Anyassari

Anyassari, Nugrahaningtyas Fatma (2017) Citation practices in Indonesian EFL theses / Nugrahaningtyas Fatma Anyassari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anyassari Nugrahaningtyas Fatma. 2017. Praktik-praktik Pengutipan dalam Tesis Berbahasa Inggris. Tesis Program Pascasarjana Pengajaran Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A Pembimbing II Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed. Key Words pengutipan korpus tesis Pengutipan satu hal yang tak bisa dipisahkan dari penulisan dalam lingkup akademis sejauh ini telah mendapat banyak sorotan penelitian. Penelitian ini secara empiris membahas tentang praktik-praktik pengutipan dalam tesis S2 yang telah ditulis oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Ada tiga fokus dalam penelitian ini yaitu jenis-jenis pengutipan kata kerja (yang digunakan untuk mengutip) dan tensis (pilihan bentuk kata kerja berdasarkan waktu terjadinya sebuah peristiwa atau perbuatan). Penelitian ini menggunakan pendekatan korpus analisis. Ada 7 tesis yang dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian ini. Ketujuh tesis tersebut didapat dengan metode purposive sampling. Dari ketujuh tesis tersebut didapat 305 buah kutipan yang kemudian digunakan sebagai korpus penelitian ini. AntConc3.4.3w salah satu perangkat lunak untuk menganalisa korpus dipilih untuk membantu proses analisa. Jenis pengutipan dianalisa berdasarkan Thompson and Tribble (2001) kata kerja berdasarkan Hyland (2002) dan tensis berdasarkan Swales and Feak (2004). Dari analisa korpus ditemukan bahwa jenis kutipan yang paling sering digunakan adalah Verb Controlling diikuti oleh Source Identification Naming Non-citation Adjunct Origin sedangkan jenis kutipan Reference sama sekali tidak muncul. Kemudian analisa pada kata kerja yang digunakan untuk mengutip menemukan bahwa ada sepuluh kata kerja yang sering digunakan. Kesepuluh kata kerja tersebut adalah argue explain support state define dari Discourse Act show confirm find conduct dari Research Act dan believe dari Cognitive Act. Kata kerja yang paling sering digunakan adalah menyatakan (state) yang masuk dalam kategori Discourse Act. Terakhir terkait dengan tensis ketiga jenis tensis yang digunakan untuk mengutip juga muncul dalam korpus dengan simple present tense menjadi tensis yang paling banyak digunakan dalam mengutip penelitian-penelitian terdahulu. Meski kebanyakan bentuk tensis digunakan sesuai fungsinya masih ada beberapa tensis yang belum sesuai. Penelitian ini menyarankan bahwa pengutipan terutama jenis pengutipan kata kerja dan tensis dirasa perlu diajarkan dalam kelas untuk membantu mahasiswa mengembangkan kecakapan mengutip. Kecakapan ini nantinya berkontribusi dalam membentuk penulis pemula menjadi penulis yang handal dalam lingkup akademis. Data-driven learning bisa menjadi pilihan teknik pengajaran. Dengan menggunakan contoh dari lapangan penulis pemula dapat merefleksikan apa yang telah dipraktekkan sejauh ini. Kemudian penulis pemula juga dapat merefleksi bagaimana penulis berpengalaman mengutip.Penelitian ini menyarankan peneliti selanjutnya untuk memperluas penelitian terkait topik praktik-praktik pengutipan dalam bahasa Inggris. Penulis menyarankan untuk meneliti topik ini dalam Bab Diskusi dengan lebih banyak korpus. Kemudian penulis juga menyarankan agar meneliti tujuan komunikatif dari kutipan meneliti kata kerja untuk mengutip dari sisi semantik dan melakukan wawancara kepada penulis berpengalaman untuk mengonfirmasi temuan-temuan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58854

Actions (login required)

View Item View Item