Al Furqoon, M. Mufti (2017) Implementing herringbone technique to improve the reading comprehension of the tenth grade students of MA Daarul Muttaqiin Sumbawa / M. Mufti al Furqoon. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK AlFurqoon M. Mufti. 2016. Penerapan Teknik Herringbone untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca pada Siswa Kelas Sepuluh di MA Daarul Muttaqiin Sumbawa. Thesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata kunci peningkatan pemahaman membaca teknik herringbone. Berdasarkan hasil penelitian awal ditemukan bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan. Mereka menemui kesulitan dalam mengidentifikasi ide pokok kalimat penjelas/terperinci dan pembendaharaan kata. Dokumentasi dari nilai siswa dalam membaca menunjukkan bahwa hanya 11 dari 23 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menerapkan teknik Herringbone dalam pengajaran membaca guna mengatasi masalah-masalah yang dialami para siswa. Dalam penelitian ini teknik Herringbone meliputi beberapa langkah yaitu (1) siswa membaca teks secara individu (2) siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (3) secara berkelompok siswa menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan kosakata dan informasi terperinci dalam teks (4) guru membagikan diagram Herringbone atau siswa membuat diagram Herringbone sendiri (5) secara berkelompok siswa mengisi diagram menggunaka informasi dari text dengan menjawab Siapa Melakukan apa Di mana Kapan Kenapa Dan Bagaimana (6) secara berkelompok siswa mengelola semua informasi dalam diagram untuk mengidentifikasi ide pokok dari teks (7) guru dan siswa menggunakan hasil diagram dari siswa untuk mendiskusikan isi teks. Dengan menerapkan teknik Herringbone siswa dibantu dan difasilitasi dengan diagram yang dapat mempermudah mereka dalam memahami informasi terperinci pada teks mengidentifikasi informasi-informasi penting dalam teks dan menyimpulkan ide pokok dari teks. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa 82% siswa mengelami peningkata kemampuan dalam pemahaman membaca dan mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM). Temuan ini juga menunjukan bahawa criteria of success telah tercapai dalam satu siklus. Selain langkah-langka penerapan teknik Herringbone ditemukan juga beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Yaitu manajemen kelas interaksi guru dan and feedback guru terhadap hasil karya siswa. Hal-hal itu terbukti memiliki kontribusi dalam mendukung kelancaran penerapan teknik Herringbone. Ringkasnya teknik Herringbone merupakan salah satu strategy pembelajar yang dapat diaplikasikan guna meningkatkan kemapuan siswa dalam memahami bacaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58850 |
Actions (login required)
View Item |