Flipped classroom model on EFL students' writing ability across individual learning styles / Rida Afrilyasanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Flipped classroom model on EFL students' writing ability across individual learning styles / Rida Afrilyasanti

Afrilyasanti, Rida (2016) Flipped classroom model on EFL students' writing ability across individual learning styles / Rida Afrilyasanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afrilyasanti Rida. 2016. Flipped Classroom Model on EFL Students Writing Ability across Individual Learning Styles. Thesis Graduate Program in English Language Teaching State University of Malang. Advisor Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A. Ph.D and Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata Kunci flipped classroom model teaching writing learning styles. Fokus dari penelitian ini adalah kemampuan menulis siswa dalam Bahasa Inggris. Hal ini didasari oleh masalah-masalah yang biasa muncul di kelas writing (menulis) dalam konteks bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Di kelas writing guru biasanya menghabiskan sebagian besar jam pelajaran untuk menjelaskan materi pelajaran sebelum masuk ke praktik menulis. Sehingga siswa tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan tugas menulisnya dan pada akhirnya harus menyelesaikan tugas tersebut di rumah. Sedangkan dalam menyelesaikan tugasnya di rumah siswa cenderung menghadapi kesulitan yang lebih besar karena tidak ada guru atau teman belajar yang dapat membantu. Mengacu pada masalah tersebut serta mempertimbangkan kebutuhan belajar siswa yang berbeda (sesuai dengan cara belajarnya) flipped classroom dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru untuk bisa mendampingi siswanya berdasarkan cara belajar yang bervariasi. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh flipped classroom model pada kemampuan menulis siswa dalam Bahasa Inggris dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model belajar konvensional. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui interaksi antara flipped classroom model dengan cara belajar siswa juga menjadi fokus dari penelitian ini. Selanjutnya penelitian ini ditujukan untuk menjawab bagaimana kemampuan menulis siswa dengan cara belajar yang berbeda (diverging assimilating converging dan accommodating learning style) dalam flipped classroom dibandingkan dengan mereka yang berada di kelas konvensional. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 minggu dengan menggunakan metode kuasi ekperimen yang membandingkan kemampuan menulis dari 32 orang siswa di kelas control dengan 30 orang siswa di kelas eksperimen. Karena terbatasnya jumlah penelitian yang berfokus pada pengajaran Bahasa asing di tingkat SMA penelitian ini dilakukan di jenjang pertama Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang. Data dari nilai posttest siswa dan hasil observasi pada praktik menulis (writing) siswa akan dianalisa dengan menggunakan t-test (independent sample) dan metode one-way ANOVA model pembelajaran serta variasi cara belajar sebagai variable bebas sedangkan nilai pre dan posttest sebagai variable terikatnya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada nilai posttest siswa (t-count 10 893 p-value 0.000) di kelas ekperimen dan kontrol. Nilai siswa di kelas eksperimen jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa di kelas kontrol. Temuan yang lain menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada nilai posttest dalam interaksi antar grup (F-count 20 779 p-value 0 000). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat interaksi antara flipped classroom model dengan cara belajar siswa. Siswa dengan cara belajar yang berbeda bisa saja merasakan pengaruh yang berbeda dari penerapan flipped classroom model ini. Hasil dari penelitian ini mengimplikasikan bahwa dalam menerapkan flipped classroom model guru tidak hanya cukup dengan persiapan yang matang tapi juga harus secara konstan merefleksikan dan mereview baik prosedur maupun kegiatan belajar yang dipakai. Disamping itu fasilitas seperti komputer dan akses Internet yang cepat harus benar-benar disiapkan oleh sekolah. Akhirnya ranah penelitian lain yang perlu dikaji lebih lanjut adalah penelitian penerapan flipped classroom model yang lebih berfokus pada analisa materi pembelajaran dengan kelompok siswa dan konteks yang berbeda. Selain itu sebuah penelitian dengan subjek yang sama menggunakan desain penelitian eksperimental yang berbeda dimana separuh materi pembelajaran disampaikan dengan model kelas reguler (tanpa flipped) dan separuh materi disampaikan dengan menggunakan penerapan flipped classroom model perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil kualitatif dan kuantitatif yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58843

Actions (login required)

View Item View Item