Developing audio-visual media of fables and folktales for classroom speaking activities of junior high students of SMPN 1 Deket Lamongan / Zahrah Zakiya Ahda - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing audio-visual media of fables and folktales for classroom speaking activities of junior high students of SMPN 1 Deket Lamongan / Zahrah Zakiya Ahda

Ahda, Zahrah Zakiya (2016) Developing audio-visual media of fables and folktales for classroom speaking activities of junior high students of SMPN 1 Deket Lamongan / Zahrah Zakiya Ahda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahda Zahrah Zakiya. 2016. Pengembangan Media Audio-Visual Tentang Fabel dan Dongeng untuk Kegiatan Berbicara pada Siswa SMPN 1 Deket Lamongan Thesis Jurusan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M. Pd. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Kata kunci media audio-visual fable dongeng berbicara Kemampuan berbicara sebagai salah satu kemampuan produktif digunakan sebagai indikator untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menguasai suatu bahasa. Akan tetapi permasalahan yang muncul adalah banyak dari siswa di Indonesia yang hanya mempelajarai bahasa Inggris melalui buku teks dan penjelasan guru saja. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti ada beberapa sekolah terutama yang terletak di daerah pinggiran yang hanya mengenalkan buku teks dan penjelasan guru sebagai sumber belajar. Guru sangat jarang memfasilitasi input belajar dalam bentuk audio-visual atau film padahal input dari media tersebut sangat bagus untuk siswa dikarenakan jumlah siswa siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas dan terbatasnya alokasi waktu. Oleh sebab itu sebagai solusi sebuah media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan akan membantu para guru untuk menciptakan kegiatan berbicara yang menarik dan menyenangkan akan dikembangkan. Media ini dikhususkan untuk meningkatkan antusiasme siswa dan juga membantu guru agar bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam melaksanakan kegiatan berbicara. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi speaking yang digabungkan dengan multimedia dan dikemas dalam bentuk program Flash Media desain yang sesuai dan dapat mendukung penelitian ini adalah desain yang digagas oleh Borg dan Gall (1996). Penelitian ini menggunakan bentuk penyederhanaan dari tahap-tahap yang digunakan oleh Borg dan Gall. Terdapat Sembilan tahapan yang kesemuanya merupakan adaptasi dari Borg dan Gall tahap-tahap tersebut adalah Analisa Kebutuhan Perencanaan dan Pengembangan Bentuk Media Uji Coba Awal Revisi Validasi Guru dan Ahli Revisi I Uji Coba Revisi II dan Penyempurnaan Produk Akhir. Sebanyak tiga kelas 7B 8A dan 9B digunakan sebagai subjek uji coba untuk mengetahui keefektifan dari media. Untuk memperoleh data checklist digunakan oleh ahli materi ahli media dan guru-guru bahasa Inggris. Sedangkan siswa juga diharuskan mengisi checklist ketika dalam tahap uji coba media. Media yang dikembangkan ini berupa program Flash Media (SWF) yang dapat dipergunakan di semua komputer yang telah difasilitasi dengan flash media program. Terdapat dua animasi sederhana dan dua cerita bernarasi yang diangkat dari fable dan dongeng di Asia. Di setiap cerita terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan cerita sebagai penuntun awal untuk melaksanakan diskusi kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan diterima dengan baik dan disukai oleh para murid. Akan tetapi berdasarkan dari data uji coba media ini akan sangat sesuai jika digunakan pada kelas 8 dan 9. Untuk kelas 7 karena mereka baru saja masuk SMP mendapatkan media yang kemudian mengharuskan mereka melakukan kelompok diskusi merupakan hal yang cukup sulit. Sebagai saran guru dapat memodifikasi penggunaan media agar sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58831

Actions (login required)

View Item View Item