Estuarso, Dera (2016) The quest for extra reading materials with local culture content and input enhancement for SMP 5 Ngawen Gunung Kidul / Dera Estuarso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Estuarso Dera 2016. Pencarian Bahan Bacaan Tambahan dengan Muatan Budaya Lokal dan Peningkatan Masukan untukSMP N 5 Ngawen Gunungkidul.Tesis. Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana. Pembimbing (l) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A (2) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci membaca pengembangan bahan ajar muatan budaya lokal peningkatan masukan Studi ini bertujuan untuk mengembangkan bahan bacaan ekstra untuk siswa SMP N 5 Ngawen Gunungkidul. Bahan tersebut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa di sekolah yang bersangkutan. Bahan bacaan yang sudah ada dinilai masih kurang dalam hal muatan budaya lokal dan peningkatan masukan. Rancangan studi yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R D). Prosedurnya mencakup analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar validasi ahli revisi pertama uji coba bahan ajar yang dikembangakan revisi kedua dan penyajian produk akhir. Pada tahap analisis kebutuhan digunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari siswa dan pedoman wawancara untuk mengumpulkan data dari guru Bahasa Inggris. Bahan bacaan yang tersedia diperiksa menggunakan analisis isi tematik untuk melacak keberadaan muatan budaya lokal dan peningkatan masukan. Hasil dari analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan bahan bacaan ekstra dengan muatan budaya local dan peningkatan masukan. Hasil tersebut menjadi dasar pengembangan bahan bacaan dalam studi ini. Data yang diperoleh dari validasi ahli menandakan bahwa produk yang dikembangkan dapat diterima dan tidak membutuhkan banyak revisi revisi dilakukan untuk mengkoreksi kesalahan kecil dalam hal tata bahasa untuk menambah aktivitas tugas untuk merancang ulang sampul dan untuk menyediakan catatan bagi guru.Pada uji coba produk siswa menerima kuesioner untuk penggunaan produk secara mandiri dan dalam kelas. Data yang diperoleh dari uji produk menunjukkan bahwa bahan bacaan yang dikembangkan bermanfaat dan cocok untuk siswa. Temuan dari kuesioner untuk guru juga menunjukkan bahwa tidak diperlukan lagi revisi. Meskipun demikian loloh balik dari siswa dan guru tetap dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas produk dengan menyediakan komponen tambahan untuk pembelajaran mandiri yang memuat kunci jawaban dan penjelasan dalam Bahasa Indonesia. Produk dari studi ini terdiri dari tiga komponen (l) Buku Siswa (2) Dampingan Mandiri dan (3) Catatan untuk Guru. Buku pertama dan kedua digunakan oleh siswa secara mandiri dan memuat kunci jawaban daftar kata penjelasan dalam Bahasa Indonesia dan tautan untuk mengunduh teks-audio. Buku yang terakhir digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler yang memuat saran-saran untuk mengajar. Buku-buku ini baik untuk digunakan sebagai bahan bacaan bagi siswa baik secara mandiri maupun dalam kelas melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 5 Ngawen dan sekolah lain yang memiliki karakteristik serupa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58786 |
Actions (login required)
View Item |