Astuty, Widya Dwi (2015) Developing autoplay multimedia studio program for the seventh grade English materials / Widya Dwi Astuty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Astuty Widya Dwi. 2015. Mengembangkan Program Multimedia Autoplay Studio untuk Materi Bahasa Inggris Kelas Tujuh. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keywords penelitian dan pengembangan program autoplay multimedia studio materi Bahasa Inggris Jumlah bahan ajar bahasa Inggris yang disediakan oleh sekolah-sekolah didaerah terpencil dan rendahnya motivasi siswa-siswa merupakan tantangan bagi guru-guru untuk kreatif dan inovatif dalam mencari bahan ajar merancang atau menggunakan teknik atau strategi atau media untuk memfasilitasi siswa-siswa untuk belajar. Meskipun terjadi kondisi-kondisi seperti itu sayangnya belum ditemukan adanya kreasi dan inovasi di SMP Negeri 1 Punduh Pedada untuk mengatasi masalah-masalah itu untuk memfasilitasi siswa-siswa untuk belajar bahasa Inggris. Lebih parahnya lagi pihak sekolah tidak memiliki fasilitas pendukung yang cukup untuk menstimulasi motivasi siswa dan meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar bahasa Inggris seperti laboratorium bahasa dan teknologi informasi dan komunikasi. Kajian ini merupakan penelitian dan pengembangan pendidikan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan Mengembangkan Program Multimedia Autoplay Studio untuk Materi Bahasa Inggris Kelas Tujuh. Bahan-bahan ajar didapat dari Students Book of Curriculum 2013 English in Focus Contextual Teaching Learning Bahasa Inggris and Side By Side Longman dengan mengintegrasikan keterampilan-keterampilan dalam bahasa Inggris. Kajian ini menggunakan model Borg dan Gall (1983) dengan beberapa modifikasi mempertimbangkan bahwa tahapan-tahapan tersebut dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk pendidikan yang nantinya akan mengatasi masalah-masalah pendidikan. Tahapan-tahapannya adalah analisa kebutuhan perencanaan pengembangan validasi ahli uji coba dan produk akhir. Analisa kebutuhan dilakukan dengan cara wawancara guru bahasa Inggris melakukan survey menyebarkan kuesioner dan ceklis dan menginvestigasi topik-topik yang berkaitan lainnya. Dalam tahap perencanaaan peneliti merencanakan isi struktur dan spesifikasi produk. Kemudian peneliti mengembangkan produk. Setelah itu hasilnya divalidasi oleh dua ahli dan revisi pertama adalah berdasarkan masukan mereka. Bahan yang sudah direvisi kemudian diujicobakan dan data dari uji coba didapat melalui validasi ceklis untuk revisi kedua. Kemudian produk akhir siap digunakan. Produknya mencakup empat topik dari bahan ajar semester satu yang isinya dimasukkan kedalam software computer yang dikompilasi dalam sebuah CD ROM yang mencakup tujuan pembelajaran brainstorming slide materi permainan dan lagu ice breaker kuis dan video motivasi dan buku petunjuk bagi pengguna.Produk penelitian dan pengembangan ini membuat para guru mampu menjadi fasilitator yang jauh lebih baik dalam mengembangkan kemampuan belajar siswa dalam bahasa Inggris dengan keterampilan yang terintegrasi. Tujuan pembelajaran membantu siswa untuk mempersiapkan diri terhadap bahan ajar video brainstorming dapat memotivasi siswa untuk belajar dan mengaktivasi latar belakang pengetahuan mereka. Siswa-siswa juga belajar keterampilan-keterampilan yang terintegrasi dalam bahasa Inggris dari slide materi yang menarik. Ketika suasana belajar mulai membosankan setelah mata pelajaran-mata pelajaran lain sebelum bahasa Inggris atau kelelahan mulai terjadi di kelas selama proses belajar mengajar bahasa Inggris video permainan dan lagu ice breaker mencairkan suasana. Siswa-siswa juga dapat mengulang kembali ingatan mereka dan mengkonfirmasi kosakata yang mereka dapatkan dari slide materi melalui kuis. Terakhir namun tak kalah pentingnya video motivasi meluaskan wawasan mereka tentang nilai-nilai kehidupan dan menginspirasi mereka sehingga membawa ke pengembangan karakter yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58754 |
Actions (login required)
View Item |