Anshori, M. Isa (2015) Developing English syllabus for accounting department of Darussalam University Ambon / M. Isa Anshori. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anshori M. Isa 2015. PengembanganSilabusBahasaInggrispadaJurusanAkuntansiUnuversitas Darussalam Ambon. Tesis. JurusanPendidikanBahsaInggris Program PascaSarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D. (II) Dr. MirjamAnugerahwati M.A. Key words PengembanganSilabus matakuliah ESP TBLT Berdasarkanpertimbanganbahwasetiapmatakuliahharusdiajarkansesuaidengankebutuhanmahasiswanyasertapentingnyasilabussebagaidasarbagiseorangdosenuntukmelaksanakan proses belajarmengajardidalamkelas makasilabuskhususnyauntukbahasaInggrisprofesisangatdiperlukan agar tujuanbelajarmengajarsesuaidengan yang dibutuhkanmahasiswa. Olehkarenaitu pengembangansilabusuntukbahasaInggrisprofesidiperlukansebagaipendukungberjalannyaaktivitasbelajarmengajar di kelassesuaidengankebutuhanmahasiswasertasesuaidengannilai-nilaidariinstitusi. Bertolakpadakebutuhantersebut makasilabusuntukbahasaInggrisprofesiperludikembangkan. SebagaimanadikatakanolehDubindanOlstain silabusadalahalat yang digunakanpembuatkebijakanmenyampaikaninformasikepada guru penulisbuku komitepemeriksaan danpesertadidikmengenai program bahasa. Silabusperludisusunsebelum proses belajarmengajardilaksanakan. PenelitianinidifokuskanpadapengembangansilabuspadajurusanakuntansiUniversitas Darussalam Ambon. Berdasarkanpadatujuansertapentingnyafungsisilabusdalam proses belajarmengajarpadabahasaInggrisprofesidiatas penelitimengadakanpenelitianpengembangandengandesainpenelitianmerujukpadadesainpenelitiandanpengembangan (R D) yang ditetapkanolehYalden yang memuattahapanpenelitiansebagaiberikut analisiskebutuhan pengembangan validasiproduk danujicobaproduk. KarenadalampengembangansilabusbahasaInggrisprofesipenekanannyaadalahpadakesesuaianmateridengankebutuhanmahasiswasertavisidanmisidariinstitusi maka objekpenelitianadalahkepala program studi dosenmatakuliah dosenbahasaInggrissertamahasiswa. Untukmendapatkansilabus yang sesuaimahasiswa penelitimenggunakanpendekatanTask Based Language Teaching(TBLT)untukmencapaitujuansesuaidengankarakterdankebutuhanmahasiswa.Instrumenpenelitian yang digunakanantara lain catatanlapangan protokolwawancara danangket. Kemudian data yang diperolehdariinstrumentersebutdipresentasikansecaraqualitative danquantitative besertadenganteknikanalisisnya. Produkdarihasilpenelitianpengembanganantara lain sebuahpaketsilabus lab. English Practice untukjurusanakuntansi contoh lesson plan dan course outline. Berdasarkanhasilanalisis yang dilaksanakanpadatahapvalidasidanujicoba para ahlidan guru sebagaipartisipantersebutmemberikanresponpositifterhadaphasilpengembanganpenelitianini meskipunpenelitiperlumelakaukanbeberaparevisipadabeberapaaspekuntukmemperbaikikualitasdariprodukpenelitian. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdipaparkandiatas dapatdisimpulkanbahwaaktivitas-aktivitas yang dilaksanakandalampenelitianinitelahmampumendorongpenelitiuntukmencapaitujuanpenelitian. Kemudianprodukpenelitiantelahdidesaindenganmenyesuaikankaraktersertakebutuhanmahasiswa agar dapatdigunakanolehdosensertamahasiswadalam proses belajarmengajar. Denganadanyasilabustersebut diharapkanmahasiswadapatmeningkatkankemampuanbahasaInggrismerekauntukmenunjangpemahamanilmuakuntansimerekasehinggadapatdiaplikasikandalamkebutuhan yang akandatang. Beberapa saran diberikanpenelitikepadabeberapapihak pertama dosenbahasaInggrisdiharapkanmengembangkanmateridenganjelasdandilengkapipenjelasantentangisidan proses evaluasi. Lebihjauhlagi merekajugaharusmenjalinkolaborasidengandosenmatakuliah lain untukmendapatkangambarantentangmateri demi menyesuaikandengankebutuhanmahasiswa. Kedua produk yang dihasilkandalampenelitianinidapatdigunakansebagailandasanbagipenulisbukusehinggasilabusiniakanlebihdapatdiaplikasikandalam proses belajarmengajar.Ketiga untuk para penelitiataupengembangsilabusdapatmengembangkansilabusdenganteoridanobjek yang berbedadenganmenyesuaikankaraktermahasiswanyamengingatkeberagamanadat di Indonesia mempengaruhipolapikirsertacarabelajarmereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58737 |
Actions (login required)
View Item |