Atma, Nurul (2015) EFL students' preferences for corrective feedback in speaking instruction acrooss speaking course grades / Nurul Atma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Atma Nurul. 2015. Preferensi Pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Terhadap Umpan Balik Korektif dalam Pembelajaran Berbicara Ditinjau dari Tingkatan Kelas Berbicara. Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata Kunci preferensi pembelajar umpan balik korektif tingkatan kelas berbicara Tidak ada resep terbaik dalam menangani umpan balik korektif untuk merespon kesalahan. Meskipun demikian guru dapat melakukan pengajaran yang lebih baik jika terlebih dahulu mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan disukai oleh ppembelajar dalam proses belajar dan mengajar. Oleh karena itu penelitian ini menginvestigasi preferensi pembelajar terhadap umpan balik korektif dalam pembelajaran Berbicara yang meliputi persepsi terhadap umpan balik korektif jenis-jenis kesalahan yang dikoreksi waktu dikoreksi penyedia koreksi dan jenis-jenis umpan balik korektif dengan membandingkan preferensi pembelajar berdasarkan tingkatan kelas Berbicara. Kelas Berbicara tersebut dibagi menjadi kelas Berbicara I dan kelas Berbicara III. Penelitian ini merupakan penelitian survei dalam bentuk desain cross-sectional. Terdapat 147 pembelajar tingkat prasarjana Universitas Negeri Malang yang berpartisipasi dalam penelitian ini dimana 74 dari mereka adalah pembelajar yang mengikuti pembelajaran Berbicara I (setelah ini disebut pembelajar di tahun pertama) dan 73 lainnya adalah pembelajar yang mengikuti pembelajaran Berbicara III (setelah ini disebut pembelajar ditahun kedua). Data dikumpulkan melalui angket sebagai data utama dan interview sebagai data tambahan. Data yang diperoleh dari angket dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan menghitung persentasi dan Mann-Whitney U test. Data yang diperoleh dari interview dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil dari analisis data ditemukan bahwa baik pembelajar di tahun pertama maupun pembelajar di tahun kedua ingin diberikan umpan balik korektif ketika mereka membuat kesalahan. Tetapi terdapat perbedaan yang signifikan diantara keduanya dalam menyikapi hal tersebut yang mana pembelajar di tahun kedua lebih terbuka terhadap koreksi. Pembelajar di tahun pertama dan pembelajar di tahun kedua juga mengakui manfaat dari umpan balik korektif dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian beberapa dari mereka merasa malu ketika dikoreksi. Mengenai kesalahan yang mana yang harus dikoreksi baik pembelajar di tahun pertama maupun pembelajar di tahun kedua ingin semua kesalahan mereka dikoreksi. Namun pembelajar di tahun pertama lebih suka kesalahan tata bahasa selalu dikoreksi sedangkan pembelajar di tahun kedua lebih suka jika kesalahan pelafalan selalu dikoreksi. Sehubungan dengan waktu pengoreksian pembelajar di tahun pertama dan pembelajar di tahun kedua lebih suka dikoreksi setelah mereka selesai berbicara. Guru adalah korektor yang paling disukai oleh dua kelompok pembelajar tersebut. Akhirnya tanpa memperhatikan jenis-jenis kesalahan yang berbeda jenis umpan balik korektif yang paling disukai oleh pembelajar di tahun pertama dan pembelajar di tahun kedua adalah explicit feedback sedangkan paralinguistic signal adalah jenis umpan balik korektif yang paling tidak disukai. Meskipun terdapat perbedaan dalam urutan preferensi terhadap umpan balik korektif untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa dan kesalahan pelafalan diantara pembelajar di tahun pertama dan pembelajar di tahun kedua mereka tidak signifikan kecuali clarification request dan paralinguistic signal untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58729 |
Actions (login required)
View Item |