Modelling relationships among selected affective factors and EFL proficiency of college students / Purnama Cahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Modelling relationships among selected affective factors and EFL proficiency of college students / Purnama Cahya

Cahya, Purnama (2015) Modelling relationships among selected affective factors and EFL proficiency of college students / Purnama Cahya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahya Purnama. 2015. Modelling Relationships among Selected Affective Factors and EFL Proficiency of College Students. Thesis. English Language Teaching Graduate Program State University of Malang. Advisors (1) Dr. Arwijati Wahjudi Dip.TESL M.Pd (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Key words Pemodelan hubungan faktor-faktor afektif terpilih EFL proficiency Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mencari pola hubungan antara fakto-fator afektif terpilih dan EFL proficiency mahasiswa. Faktor-Fator afektif terpilih yang dimaksudkan meliputi variabel yaitu motivasi rasa harga diri kekhawatiran dan sikap. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang melibatkan desain multiple regression correlation yang dikenal dengan sebutan Path Analysis. Yang menjadi populasi sasaran dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun demikian populasi yang dapat diakses oleh peneliti adalah mahasiswa di daerah Malang provinsi Jawa Timur. Dengan demikian 239 mahasiswa yang menempuh kuliah di 4 universitas berbeda diikut sertakan dalam pengumpulan data untuk penelitian ini. Para mahasiswa tersebut mengerjakan test TOEFL dan mengisi kuesioner yang merupakan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini. Setela dipilah sejumlah hasil pekerjaan 195 dari total mahasiswa yang ikut serta dalam pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis. Ada dua jenis instrument dalam penelitian ini tes dan kesioner. Tes yang digunakan dalam pengumpulan data merupakan paper based TOEFL yang bertujuan untuk mengukur EFL proficiency para mahasiswa sementara kuestioner yang terdiri atas 137 item digunakan untuk mengungkapkan pendapat para mahasiswa meliputi keempat variabel yang diteliti meliputi motivasi harga diri kekhawatiran dan sikap. Kemudian untuk mengungkapkan hubungan antar variabel tersebut seluruh data dianalisis menggunakan metode regresi ganda. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa satu-satunya alur yang signifikan berdasarkan kontribusi langsung variable terhadap EFL proficiency yaitu dari variabel sikap alur yang signifikan yaitu dimulai dari motivasi dan kemudian diperantarai oleh sikap motivasi dan harga diri berkontribusi secara signifikan terhadap motivasi berdasarkan nilai kontribusi dominan alur yang berkontribusi sebanyak 27.8 % terhadap EFL proficiency dimulai dari sikap dan diperantarai oleh kekhawatiran. Berdasarkan hasil temuan dalam penemuan disimpulkan bahwa variable yang berkontribusi secara signifikan yang terhadap EFL proficiency adalah variable sikap. variabel sikap tersebut dipengaruhi oleh motivasi dan harga diri. Untuk penelitian berikutnya disarankan agar variable yg dilibatkan merupakan perpaduan antar berbagai aspek yang melibatkan affektif kognitif dl. karena dalam penelitian ini ditemukan bahwa korelasi dai variabel yag tidak teridentifikasi relatif tinggi. Dengan melibatkan faktor kognitif misalnya diharapkan model jalur akan dapat menjelaskan hubungan antar-variable secara lebih menyeluruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58728

Actions (login required)

View Item View Item