The effect of the Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) strategy on the reading comprehension ability of the SMAN 2 Pahandut students of Palangka Raya / Indrini Oktamelinae - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of the Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) strategy on the reading comprehension ability of the SMAN 2 Pahandut students of Palangka Raya / Indrini Oktamelinae

Oktamelinae, Indrini (2013) The effect of the Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) strategy on the reading comprehension ability of the SMAN 2 Pahandut students of Palangka Raya / Indrini Oktamelinae. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktamelinae Indrini. 2013. The Effects of the Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) Strategy on the Reading Comprehension Ability of the SMAN 2 Pahandut Students of Palangka Raya. Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes Ananto Prayogo M. Pd M. Ed. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata kunci DR-TA keterampilan membaca teks naratif Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan strategi DR-TA terhadap kemampuan membaca teks naratif pada siswa kelas sebelas SMAN 2 Pahandut Palangka Raya tahun ajaran 2012/2013. Peneliti merumuskan masalah penelitian ini menjadi Apakah ada perbedaan kemampuan membaca yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan DR-TA dengan siswa yang menggunakan pengajaran konvensional Peneliti melakukan penelitan semi-eksperimen dengan menggunakan desain tes awal-tes akhir kelompok kontrol yang tidak diacak. Tujuh puluh tiga siswa dari dua kelas diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampel purposif. Dua kelas ini dibagi menjadi kelas kontrol (kelas IA-1) dan kelas eksperimental (kelas IA-2). Dalam proses pengumpulan data tes pemahaman membaca berupa pertanyaan pilihan ganda digunakan sebagai instrumen penelitian. Tes awal dilakukan sebelum diberikan perlakuan untuk melihat penguasaan pemahaman membaca siswa mula-mula. Tes akhir kemudian diberikan setelah dilaksanakan eksperimen untuk mengukur dampak perlakuan. Instrumen penelitian yang kedua adalah kuesioner yang berfungsi sebagai data penunjang berupa tanggapan siswa terhadap penerapan DR-TA. Independent samples t-test digunakan untuk membandingkan nilai rata-rata siswa. Untuk homogenitas hasil tes awal tes Levene menghasilkan nilai yang signifikan yaitu .004 atau lebih kecil dari .05. Hasil ini menunjukkan bahwa variasi di dalam kelompok eksperimental dan kontrol tidak seragam. Sementara hasil dari independent t-test untuk tes awal membaca naratif menghasilkan nilai signifikansi .453 (

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58668

Actions (login required)

View Item View Item