Hasanah, Yuli Astuti (2013) The implementation of stick puppet role play to enhance the students' speaking skill of the eight graders of SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yuli Astuti Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasanah Yuli Astuti. 2013. Pengimplementasian Bermain Peran dengan Wayang untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 8 SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Fachrurrazy M.A Ph.D (2) Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Kata kunci berbicara wayang bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi bermain peran dengan wayang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 8 SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam aspek bahasa kelancaran tata bahasa pelafalan kata dan kosakata dalam percakapan menggunakan fungsi bahasa mengundang menerima atau menolak undangan memuji dan mengucapkan selamat kepada seseorang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti adalah guru kelas dan dibantu pengamat untuk mengamati pelaksanaan strategi. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus selama lima kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang pada tahun akademik 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar ceklis observasi tes berbicara berupa bermain peran dan angket. Selanjutnya data dianalisis dan dilaporkan secara deskriptif. Penelitian ini dinyatakan berhasil jika nilai berbicara siswa mencapai kriteria keberhasilan minimal 70 untuk keseluruhan siswa. Prosedur penelitian dari strategi ini mencakup lima tahapan yaitu modeling drafting creating rehearsing dan performing. Tahap modeling guru memberi model cara menggunakan ekspresi mengundang menerima atau menolak undangan memuji dan mengucapkan selamat serta beberapa model percakapan. Tahap drafting siswa membuat konsep percakapan sementara tahap creating siswa membuat wayang berdasarkan karakter dalam percakapan. Dalam rehearsing siswa berlatih bermain peran dengan wayang sementara guru memberikan masukan untuk perbaikan. Terakhir tahap performing siswa bermain peran dengan wayang dan direkam oleh pengamat. Peningkatan dapat dilihat dari nilai kemampuan berbicara siswa yang mencapai kriteria keberhasilan. Hasil riset menunjukkan bahwa dari 32 siswa 20 siswa meraih predikat cukup 2 siswa meraih predikat baik 4 siswa meraih predikat sangat baik dan tidak ada siswa meraih predikat unggul. Sehingga 32 siswa (100 %) mampu mencapai kriteria keberhasilan karena nilai siswa di atas 70. Nilai rata-rata siswa adalah 74. Nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 70. Pelaksanaan strategi ini mampu memberikan sikap positif pada siswa dalam hal penggunaan kosakata kemudahan mendapatkan ide peningkatan kemampuan berbicara peningkatan perasaan senang bersemangat percaya diri dan keefektifan strategi. Guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan strategi bermain peran menggunakan wayang dalam pengajaran berbicara pada fungsi bahasa lain seperti menyetujui dan tidak menyetujui dan pada jenis teks lain seperti naratif dan deskriptif. Kepada peneliti di masa mendatang disarankan melakukan penelitian pada keahlian reseptif seperti mendengarkan dan membaca karena studi ini fokus pada pengajaran berbicara pada keahlian berbicara yang termasuk dalam keahlian produktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58649 |
Actions (login required)
View Item |