Gainau, Marice (2013) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model kooperatif sckrip pada siswa kelas SDN Turi 2 Kota Blitar / Marice Gainau. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan model kooperatif scrip Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran PKn di SD Negeri Turi 2 kota Blitar ditemukan beberapa permasalahan diantaranya 1) kesulitan siswa dalam memahami materi dan soal 2) penggunaan model pembelajaran yang konvensional 3) kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (te centered) 4) kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah 5) keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar yang sangat kurang serta 6) nilai mata pelajaran PKn sebagian besar siswa dibawah Standaar Kriteria Minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 17.4% dan yang belum tuntas mencapai 82.6% Berdasarkan hasil wawancara denga guru dan beberapa siswa ditemukan beberapa permasalahan yaitu kesulitan guru dalam meningkatkan motifasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn dan kesulitan siswa dalam memahami soal. Kegiatan penilitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksaan pembelajaran model kooperatif Scrip pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar (2) untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan melalui model kooperatif Scrip bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar. Kegiatan penilitian ini mengunakan jenis penilitian tindakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam kegiatan ini penelitian berperan sebagai observer guru penanggung jawab penuh penelitian pengumpul dan penganalisis data dan penyusunan laporan penilitian. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil observasi pratindakan pembelajaran PKn ketuntasan belajar siswa mencapai 17.4% dan siswa belum tuntas mencapai 82.6%. Hasil ini menunjukkan belum tercapainya Kriteria ketuntasan Minimal (LKS) yang ditentukan sekolah yaitu 7.00. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa siklus I pertemuan 1 mencapai 39.13% pertemuan 2 mencapai 47.82% dan mencapai 82.61%. pada siklus II ketuntasan belajar siswa pertemuan 1 mencapai 73.91% pertemuan 2 mencapai 78.26% dan pencapai 82.60%. dengan menerapkan pembelajaran model kooperatif Scrip dalam pembelajaran PKn secara betahap siswa mampu mecapai KKM yang ditentukan oleh sekolah. yaitu 70 Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran terpadu model kooperatif Scrip dalam pembelajaran PKn hasil belajar siswa dapat meningkat dan mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah.yaitu 70
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5837 |
Actions (login required)
View Item |