Penghargaan dan hukuman serta respon mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin / Aiga Ventivani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penghargaan dan hukuman serta respon mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin / Aiga Ventivani

Ventivani, Aiga (2017) Penghargaan dan hukuman serta respon mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin / Aiga Ventivani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ventivani Aiga. 2017. Penghargaan dan Hukuman serta Respon Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Tesis Program Srudi S2 Keguruan Bahasa Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M.Pd. Pembimbing (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata Kunci Penghargaan Hukuman Respon Seiring dengan banyaknya penelitian pada bidang pendidikan kini penghargaan dan hukuman menjadi salah satu alat pendidikan yang banyak digunakan. Penghargaan dan hukuman diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar atau prestasi seseorang. Penghargaan dan hukuman juga tampak pada kegiatan belajar mengajar di Program Studi (Prodi) S1 Bahasa Mandarin. Pemberi penghargaan dan hukuman merupakan pendidik asli penutur bahasa Mandarin sedangkan penerima penghargaan dan hukuman merupakan mahasiswa warga negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penghargaan dan hukuman pendidik penutur asli bahasa Mandarin dalam hal bentuk konteks dan tujuan pemberian serta respon mahasiswa program studi bahasa Mandarin terhadap penghargaan dan hukuman pendidik penutur asli bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dideskripsikan. Sumber data penelitian ini adalah pendidik penutur asli bahasa Mandarin dan mahasiswa program studi bahasa Mandarin. Data penelitian ini yaitu hasil observasi wawancara dan dokumen tentang penghargaan dan hukuman yang didapat dari lapangan. Pada penelitian ini peneliti merupakan instrumen utama penelitian. Selain instrumen utama peneliti juga menggunakan instrumen pendukung yaitu lembar observasi pedoman wawancara dan tabel dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik penutur asli bahasa Mandarin memberikan empat jenis penghargaan dan hukuman berupa pujian langsung penghargaan berupa barang penghargaan berupa ganjaran dan pengharhaan berupa pujian tidak langsung dengan sebelas konteks dan tujuh tujuan. Pendidik penutur asli bahasa Mandarin juga memberikan tiga jenis hukuman dalam proses pembelajaran dalam kelas yaitu hukuman berupa melakukan pekerjaan hukuman berupa mengulangi tugas dan hukuman berupa pencabutan hak dengan empat konteks dan lima tujuan. Penghargaan berupa pujian langsung penghargaan berupa barang dan penghargaan berupa pujian tidak langsung mendapat respon positif dari mahasiswa PSPBMUM sedangkan penghargaan berupa ganjaran mendapat respon negatif dari mahasiswa PSPBMUM. Hukuman berupa mengulangi tugas dan hukuman berupa pencabutan hak mendapat respon positif dari mahasiswa PSPBMUM sedangkan salah satu bentuk hukuman berupa melakukan pekerjaan mendapat respon negatif dari mahasiswa PSPBMUM. ABSTRACT Ventivani Aiga.2015. Reward and Punishment also the Responses of Mandarin Language s Students . Thesis Language Teaching Postgraduate State University of Malang. Advisors (I) Dr. Rizman Usman M.Pd (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Keywords Reward Punishment Response As many numbers of researchers in the educational area nowadays reward and punishment can be used as a education tools. The reward and punishment has applied in the learning process to improve the result of study or someone s achievement. The reward and punishment appear in teaching and learning process of Mandarin language on bachelor degree. These reward and punishment deliver by Mandarin native speaker and the receiver of these reward and punishment are college students who are the Indonesian citizen. The purpose of this research aimed to know several parts of reward and punishment that Mandarin native speaker has used as an educator those are shapes contexts and the purposes also Mandarin student s responses for reward and punishment of Mandarin native speaker. This research is described using qualitative research approach. The resources of this data research are Mandarin native speaker and college students of Mandarin language. The data of this research are the result of observation interview and document about reward and punishment that the researcher get from the field. Also in this research the researcher is a major instrument of research. Besides the researcher also uses some supporting instruments as observation sheet the guideline of the interview and table of document. The result of this research shows that the Mandarin native speaker gave four kinds of reward namely directly praises gift achievement and indirectly praises with eleven contexts and seven purposes. Besides the teacher of Mandarin native speaker gave three kinds of punishment for teaching and learning processes in the class namely doing something repeating the task and revocation of rights with four contexts and five purposes. Directly praises indirectly praises and the gift were the rewards that have got positive responses from PSPBMUM students but the achievement was the reward that has got negative responses from PSPBMUM students. Repeating the task and revocation of rights were punishments that have got positive responses from PSPBMUM students but doing something was a punishment that has got negative responses from PSPBMUM students.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58267

Actions (login required)

View Item View Item