Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta / Baharudin Adnan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta / Baharudin Adnan

Adnan, Baharudin (2017) Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta / Baharudin Adnan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adnan Baharudin. 2016. Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Prof. Dr. A. Syukur Ghazali M. Pd. Kata kunci Kinerja guru pelaksanaan pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta penting untuk dikaji. Kajian ini menitikberatkan pada kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikan kinerja guru danpermasalahannya dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta. Instrumen utamapengumpulan data adalah peneliti yang dibantu dengan lembar observasi catatan lapangan daftar pertanyaan wawancara dan angket. Data yang diperoleh direduksi dianalisis dikelompokkan sesuai dengan fokus penelitian kemudian dideskripsikan berdasarkan hasil interpretasi untuk diperoleh kesimpulan. Metode triangulasidigunakan untukmengujikeabsahan data. Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Kota Yogyakarta sudah sesuai dengan kriteria dalam standar proses tetapi masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan aktivitas yang dapat membantu siswa belajar. Kinerja guru dalam bagian pendahuluan sudah sesuai dengan standar proses yang diwujudkan dalam kegiatan membuka pelajaran menyampaikan kompetensi tujuan dan kegiatan yang akan dilaksanakan dan kegiatan apersepsi. Meskipun demikian aktivitas guru dalam kegiatan pendahuluan masih bersifat konvensionalkarenagurubelummelakukanbeberapakegiatan secara maksimal seperti aktivitas menyiapkan siswa menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran dan pemberian pertanyaan yang belum sesuai dengan kemampuan berpikir jenjang SMA. Kinerja guru dalam bagian inti pembelajaran sudah sesuai dengan standar proses yaitu dalam hal penggunaan metode mengajar dengan pendekatan saintifik yang mengandung ranah pengetahuan sikap dan keterampilan disertai penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran yang membantu siswa belajar.Guru sudah melaksanakan metode mengajar tetapi belum menjadikan siswa mendapatkan hasil maksimal. Selain itu masih terdapat guru yang menggunakan sumber belajar utama berupa buku teks cetak. Kinerja guru dalam bagian penutup pembelajaran sebagian besar sudah sesuai dengan standar proses dengan aktivitas pemberian balikan pemberian rangkuman dan simpulan pembelajaran kegiatan penilaian dan pemberian rencana kegiatan pertemuan selanjutnya. Pemberian rangkuman dan simpulan yang dilakukan oleh guru masih berupa materi yang dipelajari. Belum banyak guru yang melakukan penilaian di akhir pembelajaran dan memberikan informasi mengenai rencana kegiatan pertemuan selanjutnya. Masalah pada bagian apersepsi adalah masih terdapat guru yang tidak melakukan kegiatan apersepsi karena pertemuan yang dilakukan adalah melanjutkan kegiatanpertemuan sebelumnya. Masalah pada bagian penilaian adalah belum nampak aktivitas penilaian guru terhadap pembelajaran yang mengajarkan materi konsep. Masalah pada bagian pemberian informasi rencana kegiatan selanjutnya adalah masih terdapat guru yang tidak menyampaikan informasi kegiatan selanjutnya karena sebagian besar guru kekurangan waktu dalam kegiatan penutup pembelajaran. Saran yang dapat diberikan kepada guru adalah agar guru dapat mengembangkandanmengeksplorasi variasi aktivitas yang sesuai dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran untuk membantu siswa belajar. Saran untuk praktisi pendidikan adalah agar monitoring terhadap kompetensi guru lebih diintensifkan salah satunya program supervisi guru bahasa Indonesia. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agarmengkaji lebih dalam mengenai kinerja guru dari tahap perencanaan sampai dengan evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58140

Actions (login required)

View Item View Item