Oktaviana, Elyanoor (2014) Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama dengan memanfaatkan cerita dalam video lukisan pasir / Elyanoor Oktaviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Oktaviana Elyanoor. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama dengan Memanfaatkan Cerita dalam Video Lukisan Pasir Karya Ksenia Simonova. Tesis Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd (II) Dr. H. Nurhadi M.Pd Kata kunci naskah drama cerita dalam video lukisan pasir Salah satu karya sastra yang diajarkan dalam pembelajaran sastra di sekolah adalah pembelajaran menulis naskah drama. Langkah-langkah menulis naskah drama yang kompleks dan saling berkesinambungan terkadang menyulitkan pendidik terutama dalam menuangkan ide untuk menghasilkan sebuah naskah drama utuh. Selain itu kompleksitas permasalahan yang harus dihadapi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menulis naskah drama membuat pembelajaran menulis naskah drama seringkali terabaikan. Berangkat dari fenomena yang sedang terjadi dalam pembelajaran menulis naskah drama di sekolah penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yang praktis dan menarik serta menyenangkan sehingga dapat diterapkan dalam situasi serta kondisi apa pun yang dihadapi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menulis naskah drama. untuk menujang ketercapaian tujuan di atas peneliti memilih metodologi penelitian pengembangan. Hal ini berlandaskan tujuan akhir yakni menghasilkan bahan ajar yang efektif dan efeisen yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Pengembangan bahan ajar ini memanfaatkan cerita dalam video lukisan pasir untuk memudahkan siswa memunculkan ide kreatif dan menyusun kerangka naskah drama sehingga siswa tidak kesulitan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar yang terdiri terdiri dari 5 Bab. Bab 1 berisi teknik memunculkan ide dan menuangkan dalam bentuk tema setelah melihat video lukisan pasir karya Ksenia Simonova Bab 2 berisi teknik menciptakan tokoh dan watak tokoh yang sesuai dengan tema yang telah dipilih dalam Bab 1 Bab 3 berisi merangkai alur menjadi kerangka cerita yang telah mewakili tokoh berdasarkan langkah sebelumnya Bab 4 berisi latihan menulis dialog dan kramagung berdasarkan cerita yang telah dibuat pada Bab sebelumnya dan Bab yang terakhir adalah Bab 5 yang berisi ruang kerja atau tempat peserta didik menuangkan kerangka naskah drama tersebut menjadi naskah drama utuh. Berdasarkan hasil uji validasi dan hasil uji lapangan data yang diperoleh mengenai kelayakan bahan ajar yang dihasilkan adalah sangat baik yang artinya bahan ajar ini layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran menulis naskah drama. Hal ini berdasarkan perolehan nilai rata-rata 4 oleh validator dan nilai rata-rata uji lapangan adalah 95 2% yang berarti bahan ajar ini layak dan bisa daplikasikan dalam pembelajaran menulis naskah drama di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58011 |
Actions (login required)
View Item |