Permainan bahasa untuk perkuliahan Bahasa Indonesia Keilmuan / Lestari Nuria Hati - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan bahasa untuk perkuliahan Bahasa Indonesia Keilmuan / Lestari Nuria Hati

Hati, Lestari Nuria (2013) Permainan bahasa untuk perkuliahan Bahasa Indonesia Keilmuan / Lestari Nuria Hati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran permainanbahasa Bahasa Indonesia Keilmuan SenidanDesain Bahasa Indonesia keilmuan (BIK) merupakanmatakuliahpengembangankepribadian (MPK) yang wajibdiajarkan di perguruantinggi.MatakuliahBIK diajarkandenganfokusketerampilanmenulis.Keterampilanmenulissebagaisalahsatuketerampilanberbahasatelahdiajarkan di pendidikan formal sejakSekolahDasar.Namun seiringdenganmeningkatnyajenjangpendidikan kebutuhanterhadapketerampilanmenulissemakinberfariasisesuaidenganbidangkeahliansiswa.BidangkeahlianmahasiswaSenidanDesainpadaumumnyamenggunakansedikitpaparan verbal.Berkaitandenganitu diperlukanpengembangan media pembelajaranuntukperkuliahan BIK sebagaialatatausarana yang membantusiswadalampenguasaanketerampilanmenuliskhususuntukmahasiswaJurusanSenidanDesainUniversitasNegeri Malang. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkan media pembelajaranuntukperkuliahanbahasa IndonesiapadamahasiswaJurusanSenidanDesaian UM. Media pembelajarantersebutberupapermainanbahasa yang dikemasdenganwujudbukucetakdancompact diskberisipanduanpenggunaanproduk konseppermainanbahasa panduanpermainanbahasa danbahanpenyertapermainanbahasa. Pelaksanaanpenelitianpengembanganinimengadaptasi model pengembangan R2D2 (Recursive Reflective Desain and Development)denganmenambahkanujicobaproduk.Ujicobadilakukandenganujiahli ujipraktisi danujilapangan.Ujiahlidilakukanolehahli media pembelajaran yaitudosenTeknologiPendidikan UM danahli media pembelajaranbahasa Indonesia dosenUniversiatasBrawijaya.Ujipraktisidilakukanolehduapengajar BIK di SenidanDesain.Ujilapangandilakukanterhadap 53 mahasiswaSenidanDesainpenempuhmatakuliah BIK. Hasilujicobaprodukselanjutnyadianalisissebagaidasarrevisiproduk.Berdasarkanhasilanalisis data ujicobaproduk ahlidanpraktisimemberi rata-rata total nilai83 47% untukaspekisi 93 75% untukaspekbahasa dan79 26% untukaspektampilanproduk.Ujilapanganterhadapmahasiswadiperolehskor80 32% untukaspekisidan75 12 % untukaspektampilan.Olehkarenaitu media inisangatlayakdigunakanuntukperkuliahan BIK di JurusanSenidanDesain UM. Saran ditujukankepadapengajarmatakuliah BIK untukmenggunakan media pembelajaraninisebagaialternatif media pembelajaranuntukperkuliahan BIK denganmembuatrancanganpembelajaran memilihpermainan yang tepat menyiapkanperangkatpendukungpermainan danbilaperlumengadaptasibahanpenyertapermainan.Saran kepadapenelitilanjutadalahmengembangkan media pembelajaraninilebihlanjutdenganmenciptakanpermainanbahasa yang lebihmenarikdenganmenciptakanpermaian di luarruangan tidakterbataspadajurusanSenidandesain mengadaptasipermainansesuaidenganjurusanataujenjangpendidikan yang diteliti menambahkanmateripembelajaran yang rinci tetapmenggunakanbahasa Indonesia yang bakudankomunikatifsepertipengembanganini dandiwujudkandalambentuk yang lebihinovatifmisalnyadapatdiakesdengansmartphone. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57975

Actions (login required)

View Item View Item