Nilai karakter bangsa dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi / Ulfah Priandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai karakter bangsa dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi / Ulfah Priandari

Priandari, Ulfah (2013) Nilai karakter bangsa dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi / Ulfah Priandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci nilai karakter bangsa novel Negeri Lima Menara Karya sastra pada hakikatnya tidak hanya menyampaikan permasalahan estetis tetapi juga menyampaikan persoalan etis. Karya sastra dengan ciri-ciri kreativitasnya merupakan mediasi yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan. Nilai karakter bangsa sebagai salah satu nilai kehidupan merupakan isu hangat yang menarik untuk dibahas. Novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi ditengarai sarat dengan nilai karakter bangsa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan nilai karakter bangsa yang terdapat dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) nilai kejujuran (2) nilai tanggung jawab (3) nilai kedisiplinan (4) nilai visioner (5) nilai keadilan (6) nilai kepedulian dan (7) nilai kerjasama yang terdapat dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berwujud paparan kebahasaan tertulis dalam novel Negeri Lima Menara berupa kalimat narasi dan kalimat percakapan yang menggambarkan karakter perbuatan dan pemikiran tokoh. Sumber data penelitian ini adalah novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2009 yang terdiri dari 405 halaman dan terbagi dalam empat puluh enam (46) subjudul. Prosedur dalam menganalisis data dilakukan dengan (1) membaca novel secara berulang-ulang (2) kodifikasi data untuk menentukan data sesuai dengan masalah yang dirumuskan (3) mengklasifikasikan data sesuai dengan masalah yang dirumuskan (4) mendeskripsikan data yang telah ditemukan dan (5) menginterpretasikan data yang telah ditemukan. Pengecekan keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan kecukupan rujukan diskusi kesejawatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Negeri Lima Menara terdapat tujuh nilai karakter bangsa. Pertama nilai kejujuran meliputi (1) mengatakan yang sebenarnya terjadi (2) mengakui kesalahan sendiri (3) mengakui kelebihan orang lain dan (4) adanya kesesuaian antara perkataan dan perbuatan. Kedua nilai tanggung jawab meliputi (1) melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai yang seharusnya (2) mengerjakan tugas dan kewajiban sampai selesai (3) berani menanggung akibat baik dan buruk dari perbuatan yang dilakukan dan (4) melaksanakan tugas dan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Ketiga nilai kedisiplinan meliputi (1) mengerjakan tugas tepat waktu (2) melakukan sesuatu dengan tertib (3) memanfaatkan waktu untuk kegiatan positif dan (4) mentaati peraturan yang berlaku. Keempat nilai visioner meliputi (1) biasa berpikir sebelum berbuat dan (2) berpikir untuk kepentingan sekarang dan yang akan datang. Kelima nilai keadilan meliputi (1) memperlakukan orang lain dengan proporsional (2) menempatkan sesuatu pada tempatnya dan (3) sikap tidak membedakan seseorang dengan orang lainnya. Keenam nilai kepedulian meliputi (1) memberi bantuan pada orang lain (2) memberi simpati dan empati pada orang lain dan (3) mencegah dan memperbaiki kerusakan lingkungan. Ketujuh nilai kerjasama meliputi (1) saling mengasihi (2) saling membantu dan (3) tidak apatis terhadap kepentingan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) guru sebagai tenaga pendidik dan kunci kesuksesan pendidikan disarankan lebih banyak mengapresiasi sastra khususnya novel dikaitkan dengan nilai karakter bangsa sebagai media pendidikan budi pekerti yang akan diserap siswa dalam pembelajaran di kelas selanjutnya dapat digunakan sebagai bekal siswa menjalani kehidupan (2) Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Blitar disarankan untuk menjadikan penelitian ini sebagai dasar dalam membuat kebijakan yang berhubungan dengan program pendidikan karakter di sekolah dan (3)peneliti selanjutnya disarankan dapat mengembangkan penelitian lanjut tentang nilai-nilai sastra untuk memperkaya kajian sastra.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57963

Actions (login required)

View Item View Item