Ernawati, Endang (2013) Penerapan strategi Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif cerpen berdasarkan pengalaman orang lain siswa kelas X SMA Negeri I Talun Kab. Blitar / Endang Ernawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci strategi mind mapping menulis kreatif cerpen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X terdapat Kompetensi Dasar (KD) mengenai kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Dengan KD ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut diperlukan strategi pembelajar- an yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mening- katkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain adalah strategi mind mapping. Dengan strategi tersebut siswa diajarkan dan dibimbing untuk mengkreasikan pengalaman yang pernah dialami orang lain di sekitar siswa sebagai sumber ide penulisan cerpen. Di dalam penelitian ini strategi mind mapping digunakan untuk membantu siswa menuangkan ide ke dalam cerpen melalui peta pikiran yang dibuat berwarna dan bergambar untuk memudahkan siswa mengingat pengalaman orang lain di sekitarnya yang pernah diceritakan secara alami. Secara umum penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X.9 SMA Negeri 1 Talun. Sesuai dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan strategi mind mapping. Pada penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sesuai rancangan tersebut penelitian disusun dalam siklus yang meliputi perencanaan (penyusunan RPP pelaksanaan pengamatan refleksi. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Tindakan dilakukan terhadap seluruh siswa dalam kelas X.9 SMA Negeri 1 Talun sebanyak 32 siswa. Skor kriteria ketuntasan minimal (KKM) yanga telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Data penelitian meliputi data verbal yang berupa tuturan lisan dan data non verbal yang berupa rekaman tindakan siswa dalam foto data verbal direkam dalam pedoman observasi dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen kunci yang didukung dengan instrumen penunjang berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan strategi mind mapping mengalami peningkatan. Siswa lebih terlihat antusias dan bersemangat dalam menulis cerpen karena penggunaan strategi mind mapping dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas siswa. Berdasarkan analisis kemampuan siswa dalam memilih pengalaman orang lain mengalami peningkatan siswa dapat mengembangkan tokoh latar atau setting dan alur dengan baik.Pada studi pendahuluan tindakan dan hasil proses kemampuan menulis cerpen skor rata-rata 64 45 siklus 1 mencapai 65 25 kemudian siklus 2 mencapai 82 58. Siswa juga terlihat antusias dalam proses pembelajaran ini terlihat dari keaktifan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas X. 9 SMA Negeri 1 Talun dapat ditingkatkan dengan penerapan strategi mind mapping sehingga mencapai KKM. Ketercapaian KKM tersebut disebabkan siswa dalam menerima materi pembelajaran menulis cerpen yang menerapkan strategi mind mapping sangat baik dan penuh perhatian. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan bagi guru (teman sejawat) dan guru anggota MGMP pelajaran Bahasa Indonesia se-kabupaten Blitar untuk menerapkan strategi mind mapping ini sebagai alat meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain memotivasi dan meningkatkan minat siswa pada KD yang diteliti serta mengembangkan strategi pembelajaran menulis cerpen.Peneliti lain waktu yang akan datang diharapkan untuk meneliti pembelajaran keterampilan menulis dengan kompetensi dasar yang lain dengan penerapan strategi mind mapping.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57962 |
Actions (login required)
View Item |