Jamroh, Riezka Yunita (2013) Peningkatan kemampuan menulis laporan praktik kerja industri siswa kelas XI teknik audio video SMK Negeri 1 Grati melalui strategi kembatan ide / Riezka Yunita Jamroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci strategi jembatan ide kemampuan menulis laporan prakerin Bagi siswa SMK keterampilan menulis merupakan kemampuan yang harus dikuasai terutama terkait dengan penyusunan laporan praktik kerja industri (prakerin). Hal tersebut diperlukan karena setiap menyelesaikan prakerin siswa dituntut membuat laporan yang diserahkan kepada sekolah melalui pembimbing prakerin. Dengan demikian siswa dituntut mampu mengungkapkan hasil praktik kerjanya melalui tulisan dalam bentuk laporan. Pada kenyataannya diperoleh informasi bahwa laporan prakerin yang ditulis siswa Teknik Audio Video (TAV) SMKN 1 Grati jelek berdasarkan aspek isi dan aspek bahasa yang digunakan. Artinya laporan prakerin yang disusun siswa tidak sesuai dengan kriteria penulisan laporan prakerin berdasarkan aspek isi dan aspek bahasa yang benar. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis laporan prakerin kurang. Kekurangmampuan siswa tersebut disebabkan oleh kondisi pembelajaran menulis laporan prakerin di kompetensi keahlian TAV SMKN 1 Grati kurang kondusif. Kondisi ini dipengaruhi oleh faktor penggunaan strategi yang tidak tepat dan siswa yang kurang aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya yang ditawarkan untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan prakerin adalah strategi jembatan ide. Strategi jembatan ide adalah strategi yang memanfaatkan hubungan- hubungan konsep melalui pemvisualisasian berupa jembatan sebagai kiasan untuk kata-kata atau ungkapan yang menghubungkan ide-ide dalam menulis. Melalui strategi jembatan ide ini siswa diharapkan mampu mengorganisasikan bahasa tulisnya dalam kalimat yang lebih efektif dan laporan yang sistematis. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa indikasi kekurangmampuan siswa menulis laporan prakerin dapat dilihat dari penulisan isi yang tidak sesuai dengan sistematika penulisan laporan prakerin yang benar dan penggunaan bahasa yang tidak mencerminkan bahasa laporan prakerin yang benar baik ejaan tanda baca pilihan kata kalimat dan paragraf. Berdasarkan indikasi tersebut fokus penelitian dalam penelitian ini dirumuskan menjadi dua tujuan penelitian yaitu (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan prakerin siswa berdasarkan aspek isi dan (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan prakerin siswa berdasarkan aspek bahasa melalui strategi jembatan ide. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini berbentuk data verbal berupa tulisan laporan prakerin siswa. Sumber data utama penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV-1 SMKN 1 Grati dan guru pengajar Bahasa Indonesia bernama Sifaisah S.Pd. sebagai sumber data pendukung. Data tersebut diperoleh melalui teknik observasi wawancara dan pemberian tugas. Peneliti memiliki peran sebagai instrumen utama penelitian yang dibantu dengan instrumen berupa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57957 |
Actions (login required)
View Item |