Pengelolaan kurikulum pendidikan non formal di lingkungan kraton ( Studi kasus di Pamulangan Dhalang Habirandha kraton kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ) / Wahyu Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan kurikulum pendidikan non formal di lingkungan kraton ( Studi kasus di Pamulangan Dhalang Habirandha kraton kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ) / Wahyu Nugroho

Wahyu (2010) Pengelolaan kurikulum pendidikan non formal di lingkungan kraton ( Studi kasus di Pamulangan Dhalang Habirandha kraton kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ) / Wahyu Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Wahyu. 2009. Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Non Formal Studi Kasus di Pamulangan Dhalang Habirandha Kraton Yogyakarta. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana Univeritas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H.Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Prof.Dr.Willem Mantja MPd. Kata Kunci pengelolaan kurikulum pendidikan non formal. Pamulangan Dhalang Habirandha adalah salah jenis pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Lembaga pendidikan ini didirikan pada tahun 1925 oleh raja Yogyakarta Sultan Hamengkubuana VIII. Untuk mengetahui pola pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut penulis melakukan penelitian terhadap pengelolan kurikulumnya. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi sehubungan dengan pengelolaan kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha dengan rincian fokus (1) perencanaan kurikulum (2) organisasi kurikulum (3) implementasi kurikulum dan (4) evaluasi kurikulum. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Sumber data adalah (1) unsur manusia dengan informan kepala sekolah pamong siswa abdi dalem dan (2) unsur non manusia berupa dokumen yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis dengan alur reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan/verifkasi. Proses analisis dilakukan sejak memasuki latar penelitian. Agar supaya temuan penelitian yang diperoleh valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya maka data dan hasil penelitian ini diuji kebenarannya dengan uji kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil temuan yang diperoleh penelitian ini adalah perencanaan kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha dalam aplikasinya telah memenuhi prinsip dasar teori pengembangan kurikulum. Oleh karena komponennya terdiri tujuan isi aktivitas belajar sumber dan evaluasi. Namun perencanaan kurikulum tidak berpedoman pada kalender pendidikan sehingga pengorganisasian kurikulum hanya berdasarkan kesepakatan kepala sekolah pamong dan siswa. Pola pembelajaran dengan sistem paket yang berpedoman pada buku Pedhalangan Ngayogyakarta Jilid I. Pembelajaran di kelas lebih banyak unsur praktik daripada teori. Kepala sekolah memilih dan menetapkan pamong-pamong pengajar sesuai dengan keahlian di bidangnya. Implementasi kurikulum mengalami hambatan karena meskipun sarana penunjang lengkap tetapi tidak didukung dengan prasarana yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57758

Actions (login required)

View Item View Item